Developing Wordless Picture Book to Improve the Storytelling Ability of 5 to 6 Years Old Children
Abstract
Keywords: storytelling, Wordless Picture Book, picture book, early childhood
PENGEMBANGAN WORDLESS PICTURE BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA
5 – 6 TAHUN
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan pengembangan produk berupa Wordless Picture Book dalam rangka meningkatkan kemampuan bercerita dari anak TK kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain dan pengembangan dari Lee dan Owens (2004). Teknik pengumpulan data menggunakan tes bercerita, kuesioner terbuka, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh melalui analisis kebutuhan dengan mengukur tes bercerita. Validasi ahli dengan instrumen kuesioner untuk menilai prototipe Wordless Picture Book oleh ahli media, sastra anak, dan desain pembelajaran PAUD; serta data uji coba melalui instrumen tes kemampuan bercerita, lembar observasi, dan wawancara. Teknik analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk mengolah data hasil wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretes dan posttest kepada anak ketika tes bercerita dan kuesioner untuk validasi ahli. Analisis data pada data kuantitatif akan digunakan desain eksperimen pre-experimental designs dengan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menghasilkan sebuah desain dan pengembangan produk Wordless Picture Book yang telah teruji efektivitas, efisiensi, kegunaan, dan kemudahannya dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak. Penelitian ini berimplikasi pada dihasilkannya suatu cara di dalam mendesain dan mengembangkan Wordless Picture Book yang mampu meningkatkan kemampuan bercerita anak usia dini.
Kata kunci : bercerita, Wordless Picture Book, buku bergambar, anak usia dini
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran IPS. Malang: Cipta Media
Arif, M.M. 2008. “Reading from the Wordless: A Case Study on the Use of Wordless Picture Book,” Journal of English Language Teaching, 1(1), 121-126.
Arsjad, M.G. & Mukti U.S., 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara. Jakarta: Erlangga.
Chaeruddin, B. 2016. “Cerita sebagai Metode Penanaman Nilai-Nilai Moral bagi Anak”. Jurnal Inspiratif Pendidikan, V(2), 253-262.
Crawford, P.A. & Hade, D.D. 2009. “Inside the Picture, Outside the Frame: Semiotics and the Reading of Wordless Picture Books”. Journal of Research in Childhood Education, 15(1), 66-80.
Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Isbell, R. et.al. 2004. “The Effects of Storytelling and Story Reading on the Oral Language Complexity and Story Comprehension of Young Children”. Early Childhood Education Joumal, 32(3), 157-163.
Jalongo, M.R., Dragich, Denise., Conrad, Natalie K., & Zhang, Ann. 2002. “Using Wordless picture book to Support Emergent Literacy”. Early Childhood Education Journal, 29(3), 167-177.
Le Roux, A. 2012. “The Production and Use of Wordless picture book in Parent-Child Reading: An Exploratory Study within a South African Context,” Thesis. The University of Stellenbosch: Faculty of Humanities Department of Visual Arts.
Lee, W.W. & Owens, D.L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design. Second Edition: Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions. US: Pfeiffer.
Nurgiyantoro, B. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Yogyakarta: BPFE.
Pebriana, P.H. 2017. “Analisis Kemampuan Berbahasa Dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng”. JURNAL OBSESI Research & Learning in Early Childhood Education, 1(2), 59-67.
Rahayu, A.Y. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri melalui Kegiatan Bercerita Anak Usia TK. Jakarta: Indeks.
Sarumpaet, R.K.T. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak: Edisi Revisi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Setiati, L., Sunarto, P. & Setiawan, P. 2011. “Komunikasi Gambar Bercerita pada Buku Belajar Baca Anak Taman Kanak-Kanak”. ITB J. Vis. Art & Des, 5(1), 42-64.
Schneider, P., Rivard, R., & Debreuil, B. 2011. "Does Colour Affect the Quality or Quantity of Children’s Stories Elicited by Pictures?" Child Language Teaching and Therapy, 27, 371-378.
Zadra, C. 2017. “Wordless Picture Books beyond School Boundaries: Visual Bridges toward Family-School Partnerships in Education” Proceedings at the International and Interdisciplinary Conference IMMAGINI? Image and Imagination between Representation, Communication, Education and Psychology, 1, 941. www.mdpi.com/journal/proceedingsDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.13303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.