The effect of digital citizenship on the quality learning civic education
Dasim Budimansyah, Civic Education Department, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Sapriya Sapriya, Civic Education Department, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Rahmat Rahmat, Civic Education Department, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, M. M., & Rohma, R. (2022). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran daring terhadap sikap digital citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKkn. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 9-19. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6752
Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. Gadjah Mada University Press Bekerjasama Dengan LAN RI, 1(1), 485-493.
Armawi, A., & Wahidin, D. (2020). Optimalisasi peran internet dalam mewujudkan digital citizenship dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 29-39. https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.30146
Febrianti, N., & Darmawan, C. (2016). Pengaruh pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan demokrasi terhadap civic responsibility pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 15(2), 1-16. https://doi.org/10.21009/jimd.v15i2.8769
Hamdani, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan bersosialisasi dan membangun karakter bangsa pada siswa sekolah dasar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 105-113. https://doi.org/10.35457/konstruk.v13i1.1469
Hutauruk, A. F. (2018). Digital citizenship: Sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah di era global. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 2(2), 1-6. https://doi.org/10.31764/historis.v2i2.186
Lipsmeier, A., Kühn, A., Joppen, R., & Dumitrescu, R. (2020). Process for the development of a digital strategy. Procedia Cirp, 88, 173-178. https://doi.org/10.1016/j.procir.2020.05.031
Nadhiya, T., & Suyato, S. (2021). Pengaruh prestasi belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap kesadaran tentang hak dan kewajiban warga negara di sekolah menegah kejuruan. AGORA, 10(4), 412-421.
Pebriyeni, P. (2007). Peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif. Jurnal Demokrasi, 6(2), 159-175.
Roza, P. (2020). Digital citizenship: Menyiapkan generasi milenial menjadi warga negara demokratis di abad digital. Jurnal Sosioteknologi, 19(2), 190-202.
Setyawan, R. D., Hijran, M., & Rozi, R. (2023). Implementasi digital citizenship untuk kalangan gen z mahasiswa pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 270-279. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867
Simaremare, H., & Munthe, R. A. (2021). Gambaran kewargaan digital pada siswa madrasah aliyah negeri berdasarkan perspektif gender. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 20(2), 160-173.
Warisno, A. (2020). Implementing a quality learning in schools. Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 5(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.22373/jar.v5i1.7547
DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v21i1.67086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Supported by:
Jurnal Civics Media Kajian Kewarganegaraan is published by Univesitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education/Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (AP3KnI).
Jurnal Civics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.