PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI BERBANTU MEDIA VISUAL
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40709Keywords:
Metode Diskusi, Media Audio Visual, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa khususnya kelas II SD Negeri Wiladeg, Wiladeg,Karangmojo,Gunungkidul dengan menggunakan metode diskusi berbantuan media audio visual.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Wiladeg pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Wiladeg yang berjumlah 20 siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan metode diskusi berbantuan media audio visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar siswa yaitu minimal 80% dari jumlah siswa di kelas mendapat nilai mencapai KKM ≥75.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode diskusi berbantuan media audio visual dapat disimpulkan bahwa : (1) prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata prestasi belajar sebelum tindakan sebesar 67,07 dengan persentase ketuntasan 44% menjadi 73,09 dengan persentase ketuntasan 73% pada siklus I dan rata-rata 83,79 dengan persentase ketuntasan 100% pada siklus II; (2) pembelajaran pada siklus I dan siklus II secara umum sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP.Downloads
Published
																			2021-03-01
																	
				How to Cite
Sukarni, S. (2021). PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI BERBANTU MEDIA VISUAL. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40709
Issue
Section
								Articles
							
						License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
						


 Focus and Scope
Focus and Scope Editorial Team
Editorial Team Reviewer Team
Reviewer Team Section Policies
Section Policies Peer Review Process
Peer Review Process Publication Frequency
Publication Frequency Open Access Policy
Open Access Policy Plagiarism Policy
Plagiarism Policy Indexing & Abstractions
Indexing & Abstractions Publication Ethics
Publication Ethics Copyright & License
Copyright & License Article Processing Charge
Article Processing Charge
 Contact
Contact
