Penerapan Model Pembelajaran STAD Kuis Kompetisi Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9909Abstract
Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif STAD kuis kompetisi kelompok untuk meningkatkan minat belajar PKn pada siswa kelas X Agribisnis Ternak Unggas (ATU) 2 di SMK Negeri 1 Pandak Menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch). Dilaksanakan dalam dua siklus Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung saat pembelajaran. Indikator keberhasilan didasarkan pada rerata persentase peningkatan minat dari 25% menjadi 75%. Data dianalisis dengan statistika deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD kuis kompetisi kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rerata persentase minat siswa dalam pembelajaran PKn.
Kata kunci : STAD kuis kompetensi kelompok, minat belajar, PKn
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.