Pengaruh Penerapan Metode VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.15952Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode VCT (Value Clarification Technique) terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar PKn siswa di SMP N 3 Gamping dan SMP N 3 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau (Quasi Experiment). Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode VCT berpengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar. Hasil perhitungan diperoleh nilai F=7,116 dan nilai signifikansinya adalah 0,002<0,005. Maka terdapat pengaruh secara signifikan pembelajaran dengan menggunakan metode VCT terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa, atau terdapat perbedaan partisipasi dan hasil belajar siswa secara signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata kunci: VCT (Value Clarification Tehnique), Partisipasi, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.