Pengaruh Penerapan Metode VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn

Authors

  • Rakhmawati Khasanah, Suharno *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.15952

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode VCT (Value Clarification Technique) terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar PKn siswa di SMP N 3 Gamping dan SMP N 3 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau (Quasi Experiment). Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode VCT  berpengaruh positif terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar. Hasil perhitungan diperoleh nilai F=7,116 dan nilai signifikansinya adalah 0,002<0,005. Maka terdapat pengaruh secara signifikan pembelajaran dengan menggunakan metode VCT terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa, atau terdapat perbedaan partisipasi dan hasil belajar siswa secara signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata kunci: VCT (Value Clarification Tehnique), Partisipasi, Hasil Belajar

Downloads

Published

2017-09-27

How to Cite

*, R. K. S. (2017). Pengaruh Penerapan Metode VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Pkn. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(1). https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.15952