Manajemen Perpustakaan Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus SMA Negeri Terakreditasi A Kota Pontianak)

Authors

  • Eka Jaya PU, Pujo Sukino, dan Hana Maulu *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.15887

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen perpustakaan SMA Negeri di Kota Pontianak yang terakreditasi A. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif analitik dan studi kasus tunggal. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Analisis data dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan berjalan sesuai kebutuhan dan kemampuan sekolah dalam memberikan pelayanan kepada siswa namun secara praktik bahwa prosedur pelaksanaan pelayanan dari beberapa sekolah belum sesuai dengan pokok-pokok fungsi manajemen perpustakaan sekolah. Seperti fasilitas ruangan, buku, tenaga perpustakaan yang diantaranya belum memiliki sertifikat pelatihan dan pendidikan perpustakaan. Kendala yang dihadapi menjadi kritik yang memberikan perbaikan dikemudian hari dan masalah ini dapat diatasi dengan strategi masing-masing sekolah serta bantuan pihak pemerintah Kota Pontianak.

Downloads

Published

2017-09-22

How to Cite

*, E. J. P. P. S. dan H. M. (2017). Manajemen Perpustakaan Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus SMA Negeri Terakreditasi A Kota Pontianak). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(1). https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.15887