Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis STEM-PjBL Pada Materi Ikatan Kimia

Authors

  • Meri Andriyani Universitas Jambi, Indonesia
  • Kriswantoro Kriswantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Asrial Asrial Universitas Jambi, Indonesia
  • Damris Damris Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.90418

Keywords:

Ikatan Kimia, Multimedia Interaktif, STEM-PjBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics–Project Based Learning) sebagai solusi untuk menciptakan pembelajaran kimia yang bermakna. Penelitian termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis kebutuhan peserta didik. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni peserta didik dan guru kimia di salah satu SMA Negeri di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebutuhan peserta didik dan wawancara dengan guru. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia belum berjalan efektif karena keterbatasan sarana, media, dan penerapan pendekatan kontekstual. Sebagian besar peserta didik dan guru sangat setuju jika dikembangkan multimedia interaktif berbasis STEM-PjBL pada materi ikatan kimia. Media pembelajaran ini dapat memuat berbagai konten interaktif, mudah diakses, serta mendukung penerapan pembelajaran berbasis proyek yang menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Pengembangannya juga sejalan dengan tujuan ke-4 SDGs, yakni mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Author Biographies

Meri Andriyani, Universitas Jambi

Memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Kimia dari Universitas Jambi dan saat ini sedang menempuh pendidikan Magister Pendidikan Kimia di universitas yang sama. Saat ini bekerja sebagai pengajar di lembaga bimbingan belajar Management Rubeka.. Penulis dapat dihubungi melalui email: meriandriyani163@gmail.com

Kriswantoro Kriswantoro, Universitas Jambi

Bertugas sebagai dosen pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi dengan jabatan fungsional Lektor. Bidang keilmuan meliputi evaluasi, penilaian, dan pengukuran pendidikan, statistik pendidikan, serta metodologi penelitian. Penulis dapat dihubungi melalui email: kriswantoro18@unja.ac.id

Asrial Asrial, Universitas Jambi

Menjabat sebagai Guru Besar pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi. Bidang kepakaran meliputi studi pendidikan dan pengembangan profesi guru. Penulis dapat dihubungi melalui email: asrial@unja.ac.id

Damris Damris, Universitas Jambi

Menjabat sebagai Guru Besar pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi. Bidang kepakaran meliputi studi pendidikan dan pengembangan profesi guru. Penulis dapat dihubungi melalui email: asrial@unja.ac.id

References

Ananda, L. R., Rahmawati, Y., & Khairi, F. (2023). Critical thinking skills of chemistry students by integrating design thinking with STEAM-PjBL. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 352–367. https://doi.org/10.3926/jotse.1938

Anggraini, W. (2025). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan melalui PjBL-STEM dengan design thinking. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 321–335. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87690

Atifah, A., & Sari, R. L. P. (2025). Pengaruh model project based learning terintegrasi STEM terhadap efikasi diri siswa pada pembelajaran kimia SMA. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 13(1), 151–161. https://doi.org/10.33394/hjkk.v13i1.14211 This

Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar. (2021). Pengembangan e-modul kimia berbasis PJBL-STEM untuk pembelajaran daring siswa sma pada materi larutan penyangga. Jurnal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(2), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jisic.v13i2.14506

Azzahra, M. Z., Anggereini, E., & Yusnaidar, Y. (2025). Increasing critical thinking skills through STEM-PjBL learning models: research trend and systematic literature review. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.59052/edufisika.v10i1.43461

Burhanudin, A. (2021). Penggunaan Sim-Rosi Berbasis PjBL dan STEAM untuk meningkatkan keterampilan abad 21 bagi peserta didik sekolah dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 47–70. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.231

Darmawan, U., Redjeki, S., & Widhorini, W. (2020). Interactive multimedia: Enhancing students’ cognitive learning and creative thinking skill in Arthropod material. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 257–264. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.11370

Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857

Dhonal, A., & Effendi, E. (2021). Pengembangan bahan ajar elektronik LKPD yang terintegrasi STEM-PjBL pada materi termokimia di SMAN 1 Gunung Talang. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), 17–25. https://doi.org/10.24036/epk.v0i0.136

Fadillah, M. A., Hirahmah, A., Puspita, S., Jannati, R. P., & Usmeldi, U. (2024). Pengaruh STEM terhadap hasil belajar siswa dan perbedaan gender di sekolah menengah atas: Sebuah meta-analisis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(2), 122–131. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.71840

Fitri, N. A., & Lutfi, A. (2024). Interactive website media to improve learning outcomes of chemical bonding materials. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 6(2), 308. https://doi.org/10.24114/jipk.v6i2.61972

Gurusinga, D. N. B., & Eddiyanto. (2025). Pengembangan dan implementasi e-modul stem berbasis PjBL pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP UHO, 10(1), 44–58.

Hasnawiyah, H., & Maslena, M. (2024). Dampak Penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar sains siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 167–172. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p167-172

Husni, H. (2022). Meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi ikatan kimia dengan metode pembelajaran Example Non Example menggunakan animasi di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 101. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.280

Kain, C., Koschmieder, C., Matischek-Jauk, M., & Bergner, S. (2024). Mapping the landscape: A scoping review of 21st century skills literature in secondary education. Teaching and Teacher Education, 151. https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104739

Kaliongga, A., Iriani, A., & Mawardi, M. (2023). Reintegrasi dan kontekstualisasi kearifan lokal Sintuwu Maroso: Upaya menjawab tantangan pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 menuju Society 5.0. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 117–127. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p117-127

Kriswantoro, Kartowagiran, B., & Rohaeti, E. (2021). A critical thinking assessment model integrated with science process skills on chemistry for senior high school. European Journal of Educational Research, 10(1), 285–298. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.1.285

Lestari, H. D., Rahmawati, Y., & Usman, H. (2024). STEM-PjBL learning model to enhance critical thinking skills of students on magnets, electricity, and technology. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 6027–6037. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.8153

Linda, D., Yusnaidar, Syahri, W., & Triwahyudi, S. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan e-LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi koloid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(1), 75–83. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.59399

Lorensia, S. L., Handayani, R. D., & Lesmono, A. D. (2024). Analisis scientific reasoning siswa dalam pembelajaran fluida dinamis dengan model STEM-PjBL. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 9(1), 165. https://doi.org/10.30998/sap.v9i1.22167

Manullang, S. S. C., Gea, S. J. B. P., & Nahadi. (2025). Higher-order thinking skills (HOTS)-based assessment in chemistry education: A systematic literature review of its implementation in senior high schools. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 17(1), 38–45. https://doi.org/10.22437/jisic.v17i1.44953

Murtihapsari, M., Achmad, F., Larasati, C. N., & Yogaswara, R. (2022). Ulasan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat dan hasil belajar kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 64–69. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14050

Mutiarasani, D. R., Wiguna, M. A., Tafani, & Suyanta. (2025). Development of interactive multimedia on acids and bases contextually (IMPAC): Incorporating Multiple Representations. 14(2), 203–222. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v14i2.15518

Nafakoti, N., & Atun, S. (2025). Pengaruh inquiry-based contextual learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri pada materi laju reaksi dalam menyongsong pendidikan yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13, 102–114. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88419

Nations, United. (2015). Transforming our world: The 2030 agenda for sustainable development. United Nations. https://sdgs.un.org/2030agenda

Novianti, B. A., Nitiasih, P. K., & Riastini, P. N. (2023). Study of STEM-based learning against 4C skills (critical, creative, communication, and collaboration) In Science. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1917–1921. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1455

Nurdiana, L., Winaryati, E., Maharani, E. T. W., Ikhsan, Z. H., Rauf, R. A. A., & Salaffudin, A. (2024). Implementation of STEM-integrated PjBL based on lesson study: Improving students’ critical thinking skills. Journal of Educational Chemistry (JEC), 6(2), 71–84. https://doi.org/10.21580/jec.2024.6.2.22640

Nurlita, A., & Jailani. (2023). Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa. 12(1), 771–777. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6436

Panjaitan, D. J., Ridwan, M., & Aprilia, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1524. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4875

Pratiwi, N., Ngatijo, N., & Bemis, R. (2023). Integrated project based learning (PjBL) with STEM and field study in elemental chemistry learning. Chempublish Journal, 7(2), 108–116. https://doi.org/10.22437/chp.v7i2.29236

Putri, S. W., Taufik, L., & Qurniati, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Wanasaba. SPIN: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.20414/spin.v4i1.5092

Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Syafruddin, A. B. (2022). Analisis kebutuhan bahan ajar pada materi elektrokimia topik korosi berbasis pendekatan STEM-PjBL berbantuan video pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 50–61. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.47025

Roslina, R., Liliawati, W., & Hasanah, L. (2024). Integration of project based learning with STEM approach to alternative energy material as effective learning to improve problem solving skills. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 13(2), 145–156. https://doi.org/10.15575/jotalp.v9i2.26650 93

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis kesulitan belajar kimia siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 86–97.

Simorangkir, A., & Raidil, M. (2025). High school chemistry learning: The correlation between students’ critical thinking and self-efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13, 143–153. https://doi.org/Permalink10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88280

Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khirzin, M. H. (2018). Penerapan media pembelajaran kimia berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA/ SMK pada materi reaksi redoks. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(2), 32–40. https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.32-40

Syahirah, M., Anwar, L., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan modul berbasis STEM (science, technology, engineering and mathematics) pada pokok bahasan elektrokimia. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 317–324. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1602

Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J. M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., & Lubart, T. (2023). Creativity, critical thinking, communication, and collaboration: assessment, certification, and promotion of 21st century skills for the future of work and education. Journal of Intelligence, 11(3). https://doi.org/10.3390/jintelligence11030054

Tsaparlis, G. (2020). Higher and lower-order thinking skills: The case of chemistry revisited. Journal of Baltic Science Education, 19(3), 467–483. https://doi.org/10.33225/jbse/20.19.467

Utama, Y. R., Triastuti, R., & Gunawati, D. (2025). Pengaruh model pembelajaran core dengan media bingo dan kahoot! sebagai strategi meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 5(8), 2349–2362. https://doi.org/https://doi.org/10.52436/1.jpti.937

Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589

Widoyoko, E. . (2012). teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Belajar.

Ye, P., & Xu, X. (2023). A case study of interdisciplinary thematic learning curriculum to cultivate “4C skills.” Frontiers in Psychology, 14(March), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1080811

Yuliana, Y., & Irawan, S. (2024). Analisis tingkat keterampilan 4C peserta didik abad 21 dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 14(1), 121. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.20184

Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped classroom : Model pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21 sesuai kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209

Yusra, R. A., Kusumah, F. H., & Suryadi, A. (2025). Pengaruh PjBL-STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan dalam mendukung pendidikan yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika …, 13, 26–37. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.86537

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

Andriyani, M., Kriswantoro, K., Asrial, A., & Damris, D. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis STEM-PjBL Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 338–348. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.90418

Citation Check