Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis STEM-PjBL Pada Materi Ikatan Kimia
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.90418Keywords:
Ikatan Kimia, Multimedia Interaktif, STEM-PjBLAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics–Project Based Learning) sebagai solusi untuk menciptakan pembelajaran kimia yang bermakna. Penelitian termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis kebutuhan peserta didik. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni peserta didik dan guru kimia di salah satu SMA Negeri di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebutuhan peserta didik dan wawancara dengan guru. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia belum berjalan efektif karena keterbatasan sarana, media, dan penerapan pendekatan kontekstual. Sebagian besar peserta didik dan guru sangat setuju jika dikembangkan multimedia interaktif berbasis STEM-PjBL pada materi ikatan kimia. Media pembelajaran ini dapat memuat berbagai konten interaktif, mudah diakses, serta mendukung penerapan pembelajaran berbasis proyek yang menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Pengembangannya juga sejalan dengan tujuan ke-4 SDGs, yakni mewujudkan pendidikan yang berkualitas.
References
Ananda, L. R., Rahmawati, Y., & Khairi, F. (2023). Critical thinking skills of chemistry students by integrating design thinking with STEAM-PjBL. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 352–367. https://doi.org/10.3926/jotse.1938
Anggraini, W. (2025). Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan melalui PjBL-STEM dengan design thinking. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 321–335. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87690
Atifah, A., & Sari, R. L. P. (2025). Pengaruh model project based learning terintegrasi STEM terhadap efikasi diri siswa pada pembelajaran kimia SMA. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 13(1), 151–161. https://doi.org/10.33394/hjkk.v13i1.14211 This
Aulya, R. A., Asyhar, R., & Yusnaidar. (2021). Pengembangan e-modul kimia berbasis PJBL-STEM untuk pembelajaran daring siswa sma pada materi larutan penyangga. Jurnal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(2), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jisic.v13i2.14506
Azzahra, M. Z., Anggereini, E., & Yusnaidar, Y. (2025). Increasing critical thinking skills through STEM-PjBL learning models: research trend and systematic literature review. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.59052/edufisika.v10i1.43461
Burhanudin, A. (2021). Penggunaan Sim-Rosi Berbasis PjBL dan STEAM untuk meningkatkan keterampilan abad 21 bagi peserta didik sekolah dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 47–70. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.231
Darmawan, U., Redjeki, S., & Widhorini, W. (2020). Interactive multimedia: Enhancing students’ cognitive learning and creative thinking skill in Arthropod material. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 257–264. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.11370
Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857
Dhonal, A., & Effendi, E. (2021). Pengembangan bahan ajar elektronik LKPD yang terintegrasi STEM-PjBL pada materi termokimia di SMAN 1 Gunung Talang. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), 17–25. https://doi.org/10.24036/epk.v0i0.136
Fadillah, M. A., Hirahmah, A., Puspita, S., Jannati, R. P., & Usmeldi, U. (2024). Pengaruh STEM terhadap hasil belajar siswa dan perbedaan gender di sekolah menengah atas: Sebuah meta-analisis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(2), 122–131. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.71840
Fitri, N. A., & Lutfi, A. (2024). Interactive website media to improve learning outcomes of chemical bonding materials. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 6(2), 308. https://doi.org/10.24114/jipk.v6i2.61972
Gurusinga, D. N. B., & Eddiyanto. (2025). Pengembangan dan implementasi e-modul stem berbasis PjBL pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP UHO, 10(1), 44–58.
Hasnawiyah, H., & Maslena, M. (2024). Dampak Penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar sains siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 167–172. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p167-172
Husni, H. (2022). Meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi ikatan kimia dengan metode pembelajaran Example Non Example menggunakan animasi di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Kerinci. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 101. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.280
Kain, C., Koschmieder, C., Matischek-Jauk, M., & Bergner, S. (2024). Mapping the landscape: A scoping review of 21st century skills literature in secondary education. Teaching and Teacher Education, 151. https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104739
Kaliongga, A., Iriani, A., & Mawardi, M. (2023). Reintegrasi dan kontekstualisasi kearifan lokal Sintuwu Maroso: Upaya menjawab tantangan pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 menuju Society 5.0. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), 117–127. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p117-127
Kriswantoro, Kartowagiran, B., & Rohaeti, E. (2021). A critical thinking assessment model integrated with science process skills on chemistry for senior high school. European Journal of Educational Research, 10(1), 285–298. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.1.285
Lestari, H. D., Rahmawati, Y., & Usman, H. (2024). STEM-PjBL learning model to enhance critical thinking skills of students on magnets, electricity, and technology. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 6027–6037. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.8153
Linda, D., Yusnaidar, Syahri, W., & Triwahyudi, S. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan e-LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi koloid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(1), 75–83. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.59399
Lorensia, S. L., Handayani, R. D., & Lesmono, A. D. (2024). Analisis scientific reasoning siswa dalam pembelajaran fluida dinamis dengan model STEM-PjBL. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 9(1), 165. https://doi.org/10.30998/sap.v9i1.22167
Manullang, S. S. C., Gea, S. J. B. P., & Nahadi. (2025). Higher-order thinking skills (HOTS)-based assessment in chemistry education: A systematic literature review of its implementation in senior high schools. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 17(1), 38–45. https://doi.org/10.22437/jisic.v17i1.44953
Murtihapsari, M., Achmad, F., Larasati, C. N., & Yogaswara, R. (2022). Ulasan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat dan hasil belajar kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 64–69. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14050
Mutiarasani, D. R., Wiguna, M. A., Tafani, & Suyanta. (2025). Development of interactive multimedia on acids and bases contextually (IMPAC): Incorporating Multiple Representations. 14(2), 203–222. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v14i2.15518
Nafakoti, N., & Atun, S. (2025). Pengaruh inquiry-based contextual learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri pada materi laju reaksi dalam menyongsong pendidikan yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13, 102–114. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88419
Nations, United. (2015). Transforming our world: The 2030 agenda for sustainable development. United Nations. https://sdgs.un.org/2030agenda
Novianti, B. A., Nitiasih, P. K., & Riastini, P. N. (2023). Study of STEM-based learning against 4C skills (critical, creative, communication, and collaboration) In Science. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1917–1921. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1455
Nurdiana, L., Winaryati, E., Maharani, E. T. W., Ikhsan, Z. H., Rauf, R. A. A., & Salaffudin, A. (2024). Implementation of STEM-integrated PjBL based on lesson study: Improving students’ critical thinking skills. Journal of Educational Chemistry (JEC), 6(2), 71–84. https://doi.org/10.21580/jec.2024.6.2.22640
Nurlita, A., & Jailani. (2023). Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa. 12(1), 771–777. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6436
Panjaitan, D. J., Ridwan, M., & Aprilia, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1524. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4875
Pratiwi, N., Ngatijo, N., & Bemis, R. (2023). Integrated project based learning (PjBL) with STEM and field study in elemental chemistry learning. Chempublish Journal, 7(2), 108–116. https://doi.org/10.22437/chp.v7i2.29236
Putri, S. W., Taufik, L., & Qurniati, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Wanasaba. SPIN: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.20414/spin.v4i1.5092
Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Syafruddin, A. B. (2022). Analisis kebutuhan bahan ajar pada materi elektrokimia topik korosi berbasis pendekatan STEM-PjBL berbantuan video pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 50–61. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.47025
Roslina, R., Liliawati, W., & Hasanah, L. (2024). Integration of project based learning with STEM approach to alternative energy material as effective learning to improve problem solving skills. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 13(2), 145–156. https://doi.org/10.15575/jotalp.v9i2.26650 93
Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis kesulitan belajar kimia siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 86–97.
Simorangkir, A., & Raidil, M. (2025). High school chemistry learning: The correlation between students’ critical thinking and self-efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13, 143–153. https://doi.org/Permalink10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88280
Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khirzin, M. H. (2018). Penerapan media pembelajaran kimia berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA/ SMK pada materi reaksi redoks. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(2), 32–40. https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.32-40
Syahirah, M., Anwar, L., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan modul berbasis STEM (science, technology, engineering and mathematics) pada pokok bahasan elektrokimia. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 317–324. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1602
Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J. M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., & Lubart, T. (2023). Creativity, critical thinking, communication, and collaboration: assessment, certification, and promotion of 21st century skills for the future of work and education. Journal of Intelligence, 11(3). https://doi.org/10.3390/jintelligence11030054
Tsaparlis, G. (2020). Higher and lower-order thinking skills: The case of chemistry revisited. Journal of Baltic Science Education, 19(3), 467–483. https://doi.org/10.33225/jbse/20.19.467
Utama, Y. R., Triastuti, R., & Gunawati, D. (2025). Pengaruh model pembelajaran core dengan media bingo dan kahoot! sebagai strategi meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 5(8), 2349–2362. https://doi.org/https://doi.org/10.52436/1.jpti.937
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589
Widoyoko, E. . (2012). teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Belajar.
Ye, P., & Xu, X. (2023). A case study of interdisciplinary thematic learning curriculum to cultivate “4C skills.” Frontiers in Psychology, 14(March), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1080811
Yuliana, Y., & Irawan, S. (2024). Analisis tingkat keterampilan 4C peserta didik abad 21 dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 14(1), 121. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v14i1.20184
Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped classroom : Model pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21 sesuai kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209
Yusra, R. A., Kusumah, F. H., & Suryadi, A. (2025). Pengaruh PjBL-STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi energi terbarukan dalam mendukung pendidikan yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika …, 13, 26–37. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.86537
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.


