Efektivitas Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Zat dan Perubahannya

Authors

  • Amelia Arbadilah Universitas Tidar, Indonesia
  • Eko Juliyanto Universitas Tidar, Indonesia
  • Nuryunita Dewantari Universitas Tidar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.90153

Keywords:

Inkuiri terbimbing, Literasi sains, Powtoon

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Powtoon dalam meningkatkan literasi sains. Penelitian dilakukan dengan metode quasi experimental menggunakan desain non-equivalent control group dengan populasi berjumlah 220 siswa. Teknik pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling yang meliputi 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes yang dirancang sesuai indikator literasi sains pada materi zat dan perubahannya. Analisis Mann-Whitney U terhadap data pre-test memperoleh nilai signifikansi 0,418 (sig > 0,05), menandakan tidak terdapat perbedaan kemampuan awal antar kelompok. Sebaliknya, analisis dengan uji t Welch pada data pos-ttest memberikan nilai signifikansi 0,000 (sig < 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan literasi sains antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil ini diperkuat oleh uji n-Gain dengan rata-rata skor 0,6612 pada kelompok eksperimen dan 0,4652 pada kelompok kontrol, keduanya berada pada kategori sedang. Temuan tersebut menegaskan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan Powtoon efektif meningkatkan literasi sains siswa.

Author Biographies

Amelia Arbadilah, Universitas Tidar

Merupakan mahasiswa semester akhir program studi Pendidikan IPA Universitas Tidar Magelang. Dapat dihubungi melalui email: amelia.arbadilah@students.untidar.ac.id

Eko Juliyanto, Universitas Tidar

Merupakan dosen aktif di program studi Pendidikan IPA Universitas Tidar Magelang. Dapat dihubungi melalui email: ekojuliyanto@untidar.ac.id

Nuryunita Dewantari, Universitas Tidar

Merupakan dosen aktif di program studi Pendidikan IPA Universitas Tidar Magelang. Dapat dihubungi melalui email: ekojuliyanto@untidar.ac.id

References

Abbas, S. F., Nuarani, Madjid, M., & Bahri, A. (2023). Upaya peningkatan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran inkuiri Di SMP Negeri 2 Majene. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM , 355-366.

Afidah, N., & Sudibyo, E. (2025). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 51 Surabaya. Science : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(4), 648-658. https://doi.org/10.51878/science.v4i4.4121

Agustian, W. H. (2017). Penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-regulated learning siswa SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29851

Aiken, L. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955-959. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2). https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862

Anderson, L.W. dan D.R. Krathwohl. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assesing: a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Aprilia, M., Putri, R. F., & Yulinda, R. (2025). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan LKS non-eksperimen materi “tanah dan keberlangsungan kehidupan” terhadap tingkat literasi sains. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 334-342. https://doi.org/10.29100/.v7i1.6083

Aprizanti, Y. (2023). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA Biologi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 411-436. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.618

Astutik, T. P. (2021). Pengaruh kemampuan berpikir ilmiah dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2), 78. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i2.4432

Awalia Putri, F., Mahanal, S., & Ria Mustikasari, V. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP/MTs. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(2), 157–162. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p157-162

Coletta, V. P., & Steinert, J. J. (2020). Why normalized gain should continue to be used in analyzing preinstruction and postinstruction scores on concept inventories. Physical Review Physics Education Research, 16(1), Article 010108. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.16.010108

Daryanti, E. P., Rinanto, Y., & Dwiastuti, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 163–168. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10948

David. (2009). Methodos For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewantari, N., & Singgih, S. (2020). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(2), 366-371. https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1085

Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon dalam materi membaca dongeng di kelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 447–461. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3746

Durasa, H., Sudiatmika, A. A. I. R., & Subagia, I. W. (2022). Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi pemanasan global. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 51-63. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.930

Ekayogi, I. W. (2022). Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan google workspace for education untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.495

Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 45-52. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1549

Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1-11. https://dx.doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hamidaturrohmah, Zumala, F., Hasanah, U., & Suroyya, S. (2019). Efektivitas pembelajaran IPA menggunakan media powtoon. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 122-131. https://doi.org/10.34001/jtn.v1i2.1462

Hartono, K. Y., & Sari, D. P. (2023). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(2), 180-187. https://doi.org/10.26740/pensa.v11i2.53804

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental & Science Education, 4, 275-288.

Juniar, Y., & Suyanta, S. (2025). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi simulasi komputer pada materi elektrolit dan non elektrolit terhadap prestasi kognitif dan efikasi diri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 189–197. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89228

Kemendikbudristek. (2023, Desember 5). PISA 2022 dan pemulihan pembelajaran di Indonesia. pp. 1-25. https://balaibahasaprovinsintb.kemendikdasmen.go.id/uploads/PPID_KvjKvBe20231206001241.pdf

Khoirudin, M., Mariana, E., Kinasih, A., & Wardany, K. (2024). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X MIA di SMA Negeri 2 Sekampung. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(4),199-204. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.138

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas media pembelajaran audio visual Berupa video animasi berbasis powtoon dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55

Kuswanto, J., Nasir, M., & Ariyansyah, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Wera tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 175-180. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.463

Lendeon, G. R., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Sciening : Science Learning Journal, 3(1), 14-21. https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1076

Limiansih, K., Sulistyani, N., & Melissa, M. M. (2024). Persepsi guru SMP terhadap literasi sains dan implikasinya pada pembelajaran sains di sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 786-796. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1858

Lubis, R., Ginting, F. W., Muliani, M., Novita, N., Widya, W., & Absa, M. (2024). Pengembangan media video pembelajaran Fisika berbasis powtoon pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(2). https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.14124

Mashuri, A. (2022). Statistika Nonparametrik. Inara Publisher.

Masriat, E., & Laksono, E. W. (2025). Pembelajaran berkelanjutan dengan inkuiri terbimbing berbasis multiple representation terhadap pemahaman konsep dan efikasi diri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 211–225. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89004

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Mayer, R.E. (2020). Multimedia learning: current applications and trends. Journal of Educational Psychology, 112(3), 493–503.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1). https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Munjariyati, F. S., Haryadi, H., & Pristiwati, R. (2022). Implementasi media audiovisual powtoon dalam pembelajaran puisi secara daring kelas X semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 2 Cikarang Selatan. Asas: Jurnal Sastra, 11(1), 144. https://doi.org/10.24114/ajs.v11i1.31862

Nasir, M., Muhamadiah, M., Indah, S., & Irham, I. (2023). Literasi sains siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 324-328. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1425

OECD. (2006). A Framework for PISA 2006: assessing scientific, reading, and mathematical literacy: OECD Publishing.

OECD. (2023b). Program for international student (PISA) 2022 assessment and analytical framework. Paris: OECD Publishing

Pujiastutik, H. (2018). Peningkatan sikap literasi sains mahasiswa melalui model pembelajaran problem based learning pada mata kuliah parasitologi. Jurnal Biogenesis, 14(2), 61-66. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/

Puspitasari, R. D., Mustaji, M., & Rusmawati, R. D. (2019). Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman dan penemuan konsep dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 96-107. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17536

Putri Utami, F., & Setyaningsih, E. (2022). Kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan pembelajaran problem based learning pada materi sistem ekskresi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 240-250. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.470

Putri, F. S., Syahmani, S., & Istyadji, M. (1(1), 2021). Implementasi model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjarmansin pada klasifikasi materi dan perubahannya. Jurnal Pendidikan Sains dan Terapan (JPST), 44-51.

Rahili, Z., Hafizah, E., & Istyadji, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran powtoon pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 290–299. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4308

Ramadani, G. N., Wahyuni, N., Fajari, A., Mahardika, I., Ernasari, E., & Handono, S. (2024). Peranan metode ilmiah dalam pengembangan pendidikan Fisika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 217-222. https://doi.org/10.5281/zenodo.11177392

Redhana, I. W. (2015). Menyiapkan lulusan FMIPA yang menguasai keterampilan abad XXI. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 138-155.

Rijal, Ramlawati, & Tahir, S. (2023). Penerapan model pembelajaran guided inquiry dalam upaya meningkatkan literasi sains di kelas VIII SMPN 1 Pallangga. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 78-87.

Rizal, S., & Meidawaty, S. (2020). Membangun kepedulian lingkungan peserta didik MI melalui literasi sains. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 378-387. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i2.1340

Sabil El-Haqq, W. T., & Mitarlis. (2024). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi untuk meningkatkan literasi sains siswa SMK. UNESA Journal of Chemical Education, 13(1), 30-37. https://doi.org/10.26740/ujced.v13n1.p30-37

Sanjiartha, I. D., Suwinda, I., & Winangun, I. A. (2024). Peran literasi sains dalam membentuk generasi berfikir kritis dan inovatif: kajian literature review. iiCET: Education and Social Sciences Review, 5(2), 120-128. https://doi.org/10.29210/07essr499900

Setiawan, A. R. (2019). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi sebagai upaya melatih literasi saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 140-145). https://doi.org/10.31237/osf.io/s7ut6

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain Vs stacking analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest (1st ed.). Suryacahaya.

Sukisnawati, S., Zulfitria, Z., & Muharawati, D. A. (2024). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 4(2), 334-339. https://doi.org/10.52434/jkpi24183

Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530

Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Adi, I. N. R. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230–239. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.688

Taufiq, H. A., Ismail, I., & Faisal, F. (2025). Peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis discovery learning SMA Negeri 15 Makassar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 212- 222. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23850

Tillah, N. F., & Subekti, H. (2024). Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP berdasarkan indikator dan level literasi sains. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 12(1), 137-154. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1271

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Wardah, S. J., & Meilana, S. F. (2025). Pengaruh media pembelajaran powtoon terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber energi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 380–388. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87827

Wardany, K., Mariana, E., & Setia Asih, D. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 214-219. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.59

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.477

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa SMP pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762

Yhawita Sari, P. A., Andriani, N., Zulherman, Saparini, & Rizaldi, W. R. (2020). Implementasi pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains materi pesawat sederhana. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(02), 131-137. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.352

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik Indonesia: hasil PISA dan faktor penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11-19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Downloads

Published

2025-10-27

How to Cite

Arbadilah, A., Juliyanto, E., & Dewantari, N. (2025). Efektivitas Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Zat dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 431–443. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.90153

Citation Check