Efektivitas Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Materi Zat dan Perubahannya
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.90153Keywords:
Inkuiri terbimbing, Literasi sains, PowtoonAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Powtoon dalam meningkatkan literasi sains. Penelitian dilakukan dengan metode quasi experimental menggunakan desain non-equivalent control group dengan populasi berjumlah 220 siswa. Teknik pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling yang meliputi 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes yang dirancang sesuai indikator literasi sains pada materi zat dan perubahannya. Analisis Mann-Whitney U terhadap data pre-test memperoleh nilai signifikansi 0,418 (sig > 0,05), menandakan tidak terdapat perbedaan kemampuan awal antar kelompok. Sebaliknya, analisis dengan uji t Welch pada data pos-ttest memberikan nilai signifikansi 0,000 (sig < 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan literasi sains antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil ini diperkuat oleh uji n-Gain dengan rata-rata skor 0,6612 pada kelompok eksperimen dan 0,4652 pada kelompok kontrol, keduanya berada pada kategori sedang. Temuan tersebut menegaskan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan Powtoon efektif meningkatkan literasi sains siswa.
References
Abbas, S. F., Nuarani, Madjid, M., & Bahri, A. (2023). Upaya peningkatan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran inkuiri Di SMP Negeri 2 Majene. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM , 355-366.
Afidah, N., & Sudibyo, E. (2025). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 51 Surabaya. Science : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(4), 648-658. https://doi.org/10.51878/science.v4i4.4121
Agustian, W. H. (2017). Penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-regulated learning siswa SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29851
Aiken, L. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955-959. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2). https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862
Anderson, L.W. dan D.R. Krathwohl. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assesing: a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Aprilia, M., Putri, R. F., & Yulinda, R. (2025). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan LKS non-eksperimen materi “tanah dan keberlangsungan kehidupan” terhadap tingkat literasi sains. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 334-342. https://doi.org/10.29100/.v7i1.6083
Aprizanti, Y. (2023). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA Biologi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 411-436. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.618
Astutik, T. P. (2021). Pengaruh kemampuan berpikir ilmiah dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(2), 78. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i2.4432
Awalia Putri, F., Mahanal, S., & Ria Mustikasari, V. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP/MTs. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(2), 157–162. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p157-162
Coletta, V. P., & Steinert, J. J. (2020). Why normalized gain should continue to be used in analyzing preinstruction and postinstruction scores on concept inventories. Physical Review Physics Education Research, 16(1), Article 010108. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.16.010108
Daryanti, E. P., Rinanto, Y., & Dwiastuti, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 163–168. https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.10948
David. (2009). Methodos For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewantari, N., & Singgih, S. (2020). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(2), 366-371. https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1085
Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon dalam materi membaca dongeng di kelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 447–461. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3746
Durasa, H., Sudiatmika, A. A. I. R., & Subagia, I. W. (2022). Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP pada materi pemanasan global. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 51-63. https://doi.org/10.23887/jpepi.v12i1.930
Ekayogi, I. W. (2022). Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan google workspace for education untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.495
Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 45-52. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1549
Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1-11. https://dx.doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: a six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hamidaturrohmah, Zumala, F., Hasanah, U., & Suroyya, S. (2019). Efektivitas pembelajaran IPA menggunakan media powtoon. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 122-131. https://doi.org/10.34001/jtn.v1i2.1462
Hartono, K. Y., & Sari, D. P. (2023). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(2), 180-187. https://doi.org/10.26740/pensa.v11i2.53804
Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental & Science Education, 4, 275-288.
Juniar, Y., & Suyanta, S. (2025). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi simulasi komputer pada materi elektrolit dan non elektrolit terhadap prestasi kognitif dan efikasi diri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 189–197. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89228
Kemendikbudristek. (2023, Desember 5). PISA 2022 dan pemulihan pembelajaran di Indonesia. pp. 1-25. https://balaibahasaprovinsintb.kemendikdasmen.go.id/uploads/PPID_KvjKvBe20231206001241.pdf
Khoirudin, M., Mariana, E., Kinasih, A., & Wardany, K. (2024). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X MIA di SMA Negeri 2 Sekampung. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(4),199-204. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.138
Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas media pembelajaran audio visual Berupa video animasi berbasis powtoon dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55
Kuswanto, J., Nasir, M., & Ariyansyah, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Wera tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 175-180. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.463
Lendeon, G. R., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa. Sciening : Science Learning Journal, 3(1), 14-21. https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1076
Limiansih, K., Sulistyani, N., & Melissa, M. M. (2024). Persepsi guru SMP terhadap literasi sains dan implikasinya pada pembelajaran sains di sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 786-796. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1858
Lubis, R., Ginting, F. W., Muliani, M., Novita, N., Widya, W., & Absa, M. (2024). Pengembangan media video pembelajaran Fisika berbasis powtoon pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(2). https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.14124
Mashuri, A. (2022). Statistika Nonparametrik. Inara Publisher.
Masriat, E., & Laksono, E. W. (2025). Pembelajaran berkelanjutan dengan inkuiri terbimbing berbasis multiple representation terhadap pemahaman konsep dan efikasi diri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 211–225. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89004
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Mayer, R.E. (2020). Multimedia learning: current applications and trends. Journal of Educational Psychology, 112(3), 493–503.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1). https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Munjariyati, F. S., Haryadi, H., & Pristiwati, R. (2022). Implementasi media audiovisual powtoon dalam pembelajaran puisi secara daring kelas X semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 2 Cikarang Selatan. Asas: Jurnal Sastra, 11(1), 144. https://doi.org/10.24114/ajs.v11i1.31862
Nasir, M., Muhamadiah, M., Indah, S., & Irham, I. (2023). Literasi sains siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 324-328. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1425
OECD. (2006). A Framework for PISA 2006: assessing scientific, reading, and mathematical literacy: OECD Publishing.
OECD. (2023b). Program for international student (PISA) 2022 assessment and analytical framework. Paris: OECD Publishing
Pujiastutik, H. (2018). Peningkatan sikap literasi sains mahasiswa melalui model pembelajaran problem based learning pada mata kuliah parasitologi. Jurnal Biogenesis, 14(2), 61-66. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSB/
Puspitasari, R. D., Mustaji, M., & Rusmawati, R. D. (2019). Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman dan penemuan konsep dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 96-107. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17536
Putri Utami, F., & Setyaningsih, E. (2022). Kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan pembelajaran problem based learning pada materi sistem ekskresi. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 240-250. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.470
Putri, F. S., Syahmani, S., & Istyadji, M. (1(1), 2021). Implementasi model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjarmansin pada klasifikasi materi dan perubahannya. Jurnal Pendidikan Sains dan Terapan (JPST), 44-51.
Rahili, Z., Hafizah, E., & Istyadji, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran powtoon pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 290–299. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4308
Ramadani, G. N., Wahyuni, N., Fajari, A., Mahardika, I., Ernasari, E., & Handono, S. (2024). Peranan metode ilmiah dalam pengembangan pendidikan Fisika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 217-222. https://doi.org/10.5281/zenodo.11177392
Redhana, I. W. (2015). Menyiapkan lulusan FMIPA yang menguasai keterampilan abad XXI. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 138-155.
Rijal, Ramlawati, & Tahir, S. (2023). Penerapan model pembelajaran guided inquiry dalam upaya meningkatkan literasi sains di kelas VIII SMPN 1 Pallangga. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 78-87.
Rizal, S., & Meidawaty, S. (2020). Membangun kepedulian lingkungan peserta didik MI melalui literasi sains. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 378-387. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i2.1340
Sabil El-Haqq, W. T., & Mitarlis. (2024). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi untuk meningkatkan literasi sains siswa SMK. UNESA Journal of Chemical Education, 13(1), 30-37. https://doi.org/10.26740/ujced.v13n1.p30-37
Sanjiartha, I. D., Suwinda, I., & Winangun, I. A. (2024). Peran literasi sains dalam membentuk generasi berfikir kritis dan inovatif: kajian literature review. iiCET: Education and Social Sciences Review, 5(2), 120-128. https://doi.org/10.29210/07essr499900
Setiawan, A. R. (2019). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi sebagai upaya melatih literasi saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 140-145). https://doi.org/10.31237/osf.io/s7ut6
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain Vs stacking analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest (1st ed.). Suryacahaya.
Sukisnawati, S., Zulfitria, Z., & Muharawati, D. A. (2024). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 4(2), 334-339. https://doi.org/10.52434/jkpi24183
Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530
Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Adi, I. N. R. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230–239. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.688
Taufiq, H. A., Ismail, I., & Faisal, F. (2025). Peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis discovery learning SMA Negeri 15 Makassar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 212- 222. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23850
Tillah, N. F., & Subekti, H. (2024). Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP berdasarkan indikator dan level literasi sains. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 12(1), 137-154. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1271
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wardah, S. J., & Meilana, S. F. (2025). Pengaruh media pembelajaran powtoon terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber energi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 380–388. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.87827
Wardany, K., Mariana, E., & Setia Asih, D. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 214-219. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.59
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.477
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa SMP pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762
Yhawita Sari, P. A., Andriani, N., Zulherman, Saparini, & Rizaldi, W. R. (2020). Implementasi pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains materi pesawat sederhana. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(02), 131-137. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.352
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik Indonesia: hasil PISA dan faktor penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11-19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.


