E-modul Berbasis Website Berbantuan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang Bunyi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89239Keywords:
Gelombang bunyi, Pengembangan e-modul, Powerpoint websiteAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul yang berbasis website berbantuan Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar pada materi gelombang bunyi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D. Uji validitas, uji efektivitas dan uji kepraktisan dilakukan untuk menguji kelayakan e-modul. Hasil presentase uji validitas yang diperoleh dari ahli materi sebesar 92,83%, dari ahli bahasa 92,53%, dan 91,67% dari ahli media. Berdasarkan uji validitas tersebut, e-modul berbasis website berbantuan Microsoft Powerpoint dinyatakan layak dengan kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas e-modul terhadap hasil belajar menghasilkan skor N-Gain 0,582 atau secara persentase 58% yang artinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kriteria sedang atau cukup efektif. Respon siswa terhadap uji kepraktisan menghasilkan skor sebesar 75,4%, sedangkan respon guru mendapatkan skor 75%. Respon keduanya menjadi indikator praktis pada e-modul berbasis website. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis website berbantuan Microsoft Powerpoint telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif, mudah diakses, dan mampu meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
References
Akker, J. an van den, Robert Maribe Branch, Gustafson, K., Nienke Nieveen, & Tjeerd Plomp. (1999). Design approaches and tools in education and training. In Kluwer Academic Publisher. https://doi.org/10.1007/s00477-014-0937-9
Alatas, F., & Solehat, D. (2020). The development of audiobook interactive physics based on integrating qur’an with demonstration tools for blind students. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012024
Andayani, D. D., Fathahillah, & Jakob, F. E. (2024). Pengembangan e-modul ajar kurikulum merdeka berbasis augmented reality pada mata pelajaran tik (teknologi informasi dan komunikasi) kelas vii upt smp negeri 4 parepare. SCHOLARS: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 86–98. https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2521
Asmariadi, A. I., Aprimadedi, & Nuranisa, I. (2024). Pengembangan e-modul pembelajaran bahasa indonesia pada materi teks prosedur pada siswa kelas V SDN 07 Sitiung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4, 4895–4908.
Awalludin, Nur Aisyah, Indah Cahyani, & Mustafiyanti Mustafiyanti. (2024). Prinsip dan faktor yang mempengaruhi kurikulum merdeka. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 120–127. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.883
Bogar, D. Y., Jufriansah, A., & Prasetyo, E. (2023). Pengembangan laboratorium virtual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Buletin Edukasi Indonesia, 2(03), 102–112. https://doi.org/10.56741/bei.v2i03.397
Dwiyanti, N., & Perdana, R. (2024). Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan 3d aplication scratch untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik gelombang bunyi. Diffraction, 6(1), 20–29. https://doi.org/10.37058/diffraction.v6i1.9399
Fajrianti, R., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh penggunaan media animaker terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ips sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6630–6637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3325
Fitriani, & Andhany, E. (2025). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika bunga bale melayu pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(2), 369–379.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores.
Handayani, T. S., & Suharyanto. (2016). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi fluida statis untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(6).
Imansyah, M. N. (2021). Efektivitas media pembelajaran berbasis daring di masa pandemi covid-19 (studi kasus pada siswa smp). Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(1), 35–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i1.78
Irawan, F. D., & Wibawa, S. C. (2020). Pengembangan media pembelajaran (mobil learning) menggunakan framework phonegap pada mata pelajaran desain media interaktif (pemrograman web) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa smk. Jurnal IT - EDU, 04(01).
Iwan Permana Suwarna. (2016). Pengembangan instrumen ujian komprehensif mahasiswa melalui computer based test pada program studi pendidikan fisika. In Pusat Penelitian dan Penerbitan (PUSLITPEN) UIN Jakarta.
Khusnul Khotimah. (2019). Pemanfaatan powerpoint terintegrasi dengan i-spring presenter sebagai media pembelajaran ICT. Jurnal Eksponen, 9(1).
Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal daerah grobogan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7190
Magfiroh, A., & Nugraheni, N. (2024). Analisis penerapan sustainable development goals (sdgs) dalam upaya peningkatan pendidikan berkualitas di indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, I, Nomor 1(E-ISSN: 3025-6704), 52–57. https://doi.org/10.5281/zenodo.11127154
Mimin Ninawati, Burhendi, F. C. A., & Wulandari. (2021). Pengembangan e-modul berbasis software iSpring suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830
Nafiyanto, N. R., & Pebriana, I. N. (2023). Pengembangan e-modul dinamika partikel model guided discovery learning berbasis stem untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan kolaborasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(2), 28–37. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.65943
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul elektronik: prosedur penyusunan dan aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.
Okpatrioka. (2023). Research and development (r&d) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–87.
Oktavianatun, A., & Nugraheni, N. (2024). Analisis perkembangan pendidikan berkualitas sebagai upaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan ( SDGs ). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 113–118.
Ombili, I., Buhungo, T., & Supartin. (2024). Pengembangan e-modul interaktif materi gelombang bunyi di sma negeri 6 gorontalo utara: efektivitas, kepraktisan, dan validitas. Khazanah Akademia, 8(02), 112–122. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v8i02.402
Permatasari, K. T., Apriyani, E., & Fitriyana, Z. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berupa alat peraga jam sudut. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 83–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.25823
Piyona, Maria, H. T., & Hamdani. (2025). Pengembangan multimedia interaktif berbantuan ispring suite dengan model pbl untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik di sma. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 241–249.
Pratowo, R., Adiningsih, E. T., Kaffah, R., & Setiaji, B. (2022). E-modul analitical mechanics problem based learning: alternatif untuk mengukur kemampuan berpikir analisis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 1–7.
Putri, B. D., Andayanti, W., & Yona Okyranida, I. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video pembelajaran pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Prosiding Seminar Nasional Sains, 5(1), 197–200.
Radha, L., & Arumugam, J. (2023). Integrating the sustainable development goals (sdgs) in the curriculum and strengthening teacher training programs to align with nep 2020. Shanlax International Journal of Education, 11(4), 63–68. https://doi.org/10.34293/education.v11i4.6302
Ramadhan, G., & Maulidah, R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning menggunakan powerpoint dan flip pdf corporate pada materi alat optik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(1), 41–47. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.57157
Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan kualitas pendidikan di indonesia dalam mewujudkan program sustainable development goals (sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3622
S Hayati, Darman, D. R., & Antarnusa, G. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline. SNF ©Jurusan Fisika FMIPA UNESA, 75–81. https://p1webpembelajaran.000webhostapp.com/.
Sari, C. K., Anisa, Z. L., Sholiha, I., & Setiaji, B. (2022). Pengembangan modul fisika berbasis numbered team in guided discovery (ntgd) pada materi mekanika analitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa sma. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2), 81–87. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42143
Setyowati, F., & Nurwahyuni Aziza, L. (2024). Kajian konsep integrasi fisika dalam ipas pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Profesional, 13(2), 86.
Sumiati, M., Dewi, A. S., & Mubarok, M. K. (2023). Pengembangan media pembelajaran kartikru untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iii sekolah dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4692–4698. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2334
Suwarna, I. P., & Zulfiani, Z. (2024). Development of wiv-s physics e-learning to improve inquiry abilities and digital literacy of prospective science teacher students. International Journal of Information and Education Technology, 14(9), 1291–1298. https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.9.2159
Teni Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 3(1).
Wahyuni, R., Febriandari, E. I., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis information and communication technologies pada pembelajaran tematik. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 75–82.
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas iv sekolah dasar muhammadiyah 12 pamulang, banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Wiranti, W., Iriani, R., Saadi, P., & Leny, L. (2023). Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning menggunakan ispring untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi reaksi redoks. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(2), 77–86. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i2.1686
Zulfiani, Z., Permana Suwarna, I., Muin, A., Mulyati, T., & El Islami, R. A. Z. (2023). Developing the mathsci 21st app: enhancing higher-order thinking skills assessment in mathematics and science education within an islamic context. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 10(8), 19–31. https://doi.org/10.21833/ijaas.2023.08.003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.