Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Annisa Putri Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Maysarah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88788

Keywords:

Komunikasi matematis, Pemecahan masalah matematis, Think pair share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized pretest-posttest control group. Populasi dalam Penelitian terdiri dari 6 kelas VII sebanyak 191 siswa, sampel dipilih menggunakan teknik random sampling yaitu 2 kelas sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok eksperimen (TPS) dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol (direct instruction). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan independent t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai  , hal ini menyimpulkan bahwa penerapan model TPS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa model TPS lebih efektif dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini mendukung pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4, yaitu menjamin pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan setara untuk semua.

Author Biographies

Annisa Putri Lubis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Merupakan mahasiswa semester akhir program studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, dapat dihubungi melalui e-mail: annisa0305213048@uinsu.ac.id

Siti Maysarah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

merupakan dosen aktif di program studi pendidikan matematika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Beliau dapat dihubungi melalui e-mail: sitimaysarah@uinsu.ac.id

References

Anwar, H., Elindra, rahmatika, & Lubis, roslian. (2023). Efektivitas penerapan model pemvelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dikelas vii mts nahdatul ulama. MathEdu: Mathematic Education Journal, 06(01), 96–103.

Ariska, C. (2022). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas v sd dan mi di pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(02), 403–412.

Astutiani, R., & Hidayah, I. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah polya. Seminar Nasional Pascasarjana.

Duha, R., & Harefa, D. (2024). Kemampuan pemecahan masalah matematika. Jejak Publisher.

Hidayat, F. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii smp negeri 1 kuok. Journal on Education, 1(1), 30–39.

Jusniani, N., & Nurmasidah, L. (2021). Penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 12–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1404

Kemendikbud. (2022). Merdeka Belajar. Tanya jawab kurikulum merdeka. Kemendikbud RI.

Lubis, A. P., Indriani, D., & Ulfa, S. W. (2025). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal berbasis hots pada materi perbandingan kelas vii di darul ulum budi agung medan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 182–195. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2463

Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03

Martogi Ray Martin Situmorang & Yasifati Hia. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sma swasta markus medan. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 63–72. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i2.87

Maysarah, Siti, Saragih, S., & Napitulu, E. (2023). Peningkatan kemampuan literasi matematika dengan menggunakan model project based learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1536–1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6627

Nurma, G., Rochmiyati, S., & Irfan, M. (2024). Revolusi pembelajaran matematika dengan model think pair share di kelas V. Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.30738/tuladha.v3i1.16319

OECD. (2023). PISA 2022 result (volume i) excellent and equity in education (Online).

Pangemanan, N. S. (2019). Penerapan model tps untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, motivasi dan hasil belajar matematika smp. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(2).

Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392

Purba, F. Y., & Rajagukguk, W. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1276

Putra, S. H. J. (2021). The effect of science, environment, technology, and society (sets) learning model on students’ motivation and learning outcomes in biology. TARBAWI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–253.

Setyarinigsih, styaningsih, & Rahayu, tri. (2020). Analisis butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran ipa kelas viii smp negeri 3 pabelan tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 14–24.

Shafira Hidayah, Riawan Yudi Purwoko, & Nur Ngazizah. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori polya materi pecahan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(1), 155–161. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.116

Simanjuntak, T., & Simamora, M. I. (2022). Studi literatur pengaruh model pembelajaran think pair share (tps) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 61–72. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.375

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Trianto. (2019). Model pembelajaran terpadu konsep, strategi, dan implementasi dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wulandari, R. A. (2017). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran Problem based learning (PBL) dan Situation based learning (SBL). Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Lubis, A. P., & Maysarah, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 92–101. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88788

Citation Check