Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88788Keywords:
Komunikasi matematis, Pemecahan masalah matematis, Think pair shareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized pretest-posttest control group. Populasi dalam Penelitian terdiri dari 6 kelas VII sebanyak 191 siswa, sampel dipilih menggunakan teknik random sampling yaitu 2 kelas sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok eksperimen (TPS) dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol (direct instruction). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan independent t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai , hal ini menyimpulkan bahwa penerapan model TPS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa model TPS lebih efektif dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini mendukung pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4, yaitu menjamin pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan setara untuk semua.
References
Anwar, H., Elindra, rahmatika, & Lubis, roslian. (2023). Efektivitas penerapan model pemvelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dikelas vii mts nahdatul ulama. MathEdu: Mathematic Education Journal, 06(01), 96–103.
Ariska, C. (2022). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas v sd dan mi di pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(02), 403–412.
Astutiani, R., & Hidayah, I. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah polya. Seminar Nasional Pascasarjana.
Duha, R., & Harefa, D. (2024). Kemampuan pemecahan masalah matematika. Jejak Publisher.
Hidayat, F. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii smp negeri 1 kuok. Journal on Education, 1(1), 30–39.
Jusniani, N., & Nurmasidah, L. (2021). Penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 12–19. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1404
Kemendikbud. (2022). Merdeka Belajar. Tanya jawab kurikulum merdeka. Kemendikbud RI.
Lubis, A. P., Indriani, D., & Ulfa, S. W. (2025). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal berbasis hots pada materi perbandingan kelas vii di darul ulum budi agung medan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 182–195. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2463
Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03
Martogi Ray Martin Situmorang & Yasifati Hia. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sma swasta markus medan. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 63–72. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i2.87
Maysarah, Siti, Saragih, S., & Napitulu, E. (2023). Peningkatan kemampuan literasi matematika dengan menggunakan model project based learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1536–1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6627
Nurma, G., Rochmiyati, S., & Irfan, M. (2024). Revolusi pembelajaran matematika dengan model think pair share di kelas V. Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.30738/tuladha.v3i1.16319
OECD. (2023). PISA 2022 result (volume i) excellent and equity in education (Online).
Pangemanan, N. S. (2019). Penerapan model tps untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, motivasi dan hasil belajar matematika smp. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(2).
Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392
Purba, F. Y., & Rajagukguk, W. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1276
Putra, S. H. J. (2021). The effect of science, environment, technology, and society (sets) learning model on students’ motivation and learning outcomes in biology. TARBAWI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–253.
Setyarinigsih, styaningsih, & Rahayu, tri. (2020). Analisis butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran ipa kelas viii smp negeri 3 pabelan tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 14–24.
Shafira Hidayah, Riawan Yudi Purwoko, & Nur Ngazizah. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori polya materi pecahan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(1), 155–161. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.116
Simanjuntak, T., & Simamora, M. I. (2022). Studi literatur pengaruh model pembelajaran think pair share (tps) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 61–72. https://doi.org/10.47662/jkpm.v1i3.375
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.
Trianto. (2019). Model pembelajaran terpadu konsep, strategi, dan implementasi dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wulandari, R. A. (2017). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran Problem based learning (PBL) dan Situation based learning (SBL). Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.