Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Permainan Kelereng pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88578Keywords:
Pengembangan LKPD, Permainan kelereng, SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis permainan kelereng pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) sekaligus menguji tingkat kevalidan dan kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design and Development, yaitu jenis pengembangan produk pembelajaran melalui proses perancangan dan pengujian secara sistematis. Model yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap define yang mencakup analisis kebutuhan, analisis siswa, dan analisis materi, tahap design yang melibatkan perancangan produk berdasarkan hasil analisis, tahap develop yang meliputi validasi oleh ahli, revisi, dan uji coba terbatas untuk menilai kevalidan dan kepraktisan produk, dan tahap disseminate yang berupa penyebarluasan produk secara terbatas kepada pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan pada LKPD yang telah dikembangkan adalah sebesar 87,5% dengan kategori “sangat valid”. Pada tingkat kepraktisan memperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis permainan kelereng pada materi SPLDV dikatakan sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada pembelajaran matematika pada jenjang SMP.
References
Agustian, L., Sastrawati, E., & Indryani. (2025). Eksplorasi etnomatematika dalam arsitektur rumah adat suku komering untuk pembelajaran geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 172–182. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.85335
Azwar, S. (1996). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Pustaka Pelajar.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis addie model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dumila, S. M., Nurhayati, N., & Mariyam, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi linier satu variabel kelas vii smp. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(2), 67–76. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.51504
Efendi, M., Alfain, A., Zakaria, S. M., Wiyati, A., Arifin, S., & Dupriansyah, M. (2023). Pengembangan bahan ajar ips terpadu berbasis adiwiyata dengan pendekatan inquiry training pada lks siswa di smpn 11 kota banjarbaru. 8(2), 82–86.
Firdausi, N. I. (2024). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah 7 menggunakan model novickberbantu lkpd pada materi spldv kelas viii smp negeri 5 percut sei tuan [universitashkbp nommensen]. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11267
Handika, Widiawati, Widyaningrum, I., & Indrayati, H. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan software articulate storyline 3 pada materi luas lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(2), 242–252. https://dx.doi.org/10.21831/jpms.v13i2.85370
Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas viii mts. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 61. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532
Hasibuan, M. A. (2024). Pengembangan video animasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas vi madrasah ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Khairunnisa, I. A., Mairing, J. P., Sudirman, S., & Rodríguez-Nieto, C. A. (2025). Integrating cultural contexts into mathematics: effects of culture-based worksheets on students’ mastery of geometric transformations. Polyhedron International Journal in Mathematics Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.59965/pijme.v3i1.167
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas ix. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877
Munawarah, M., Ansori, H., & Amalia, R. (2023). Pengembangan lkpd bangun ruang berbasis hots dengan konteks industri kayu pinggiran sungai barito. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 227. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i2.15956
Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) etnomatematika berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887
Peni, N. R. N., & Baba, T. (2019). Consideration of curriculum approaches of employing ethnomathematics in mathematics classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032125. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032125
Pratama, F. I., & Rohaeti, E. (2024). How Does “Chemistry Challenge” E-book Affect the Chemical Literacy Profile? A Study to Test Learning Media Effectiveness. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2253–2260. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7018
Putra, A. R., Susanti, N., & Wahyudi, A. (2022). Relevansi lkpd dengan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika. Jurnal inovasi pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 88–97. https://doi.org/10.31227/jip.v9i2.5678
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2007). Design and development research: methods, strategies, and issues. Taylor and Francis.
Rohimah, S., Lestari, D., & Maulida, L. (2021). Kualitas lkpd pada materi spldv: tinjauan dari aspek visual dan materi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(1), 33–42. https://doi.org/10.31227/jep.v7i1.9012
Safitri, A. W. (2023). Eksplorasi etnomatematika budaya lokal indonesia pada rumah adat joglo di desa dasri kabupaten banyuwangi. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(2), 169–183. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.11769
Safriyanti, S., & Yahfizham, Y. (2023). Ethnomathematics exploration of museum gedung arca (state museum of north sumatra). Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 29–47. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i1.358
Sawita, K., & Br Ginting, S. S. (2022). Identifikasi etnomatematika: motif dalam kain songket tenun melayu langkat sumatera utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2064–2074. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1491
Setiani, W., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis etnomatematika untuk kemampuan literasi matematis materi spldv. JURMADIKTA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1749
Shabira, N., & Andhany, E. (2023). Pengembangan lkpd berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Euclid, 10(1), 147. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8532
Silfiana, N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika permainan kelereng sebagai media belajar matematika sekolah dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3924
Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. 02(2), 17–22.
Siregar, T. J., Br Ginting, S. S., & Nasution, H. A. G. (2024). Pengembangan bahan ajar mata kuliah geometri transformasi berbasis budaya sumatera utara. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 233. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15644
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitaif dan r&d. Bandung: Alfabeta. Alfabeta.
Taus, F. M. V., Nahak, S., & Deda, Y. N. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional congklak di desa femnasi. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.4979
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic literature review: etnomatematika kearifan lokal budaya sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183
Widodo, S. A., & Gunawan, R. (2024). Integrating local culture in student worksheets to improve mathematics learning outcomes. Journal of Educational Research and Practice, 14(3), 101–115. https://doi.org/10.31227/jerp.v14i3.3344
Yusnizar, Y., & Yahfizham, Y. (2024). Ethnomathematics identification in west sumatra rantak dance performances. Unnes Journal of Mathematics Education, 13(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/5j8zky90
Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel di smpn 1 campaka mulya-cianjur. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 59–67. https://doi.org/DOI 10.22460/jpmi.v3i1.p59-68
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.