Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Permainan Kelereng pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  • Thania Wulandari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Yahfizham Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88578

Keywords:

Pengembangan LKPD, Permainan kelereng, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis permainan kelereng pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) sekaligus menguji tingkat kevalidan dan kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design and Development, yaitu jenis pengembangan produk pembelajaran melalui proses perancangan dan pengujian secara sistematis. Model yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap define yang mencakup analisis kebutuhan, analisis siswa, dan analisis materi, tahap design yang melibatkan perancangan produk berdasarkan hasil analisis, tahap develop yang meliputi validasi oleh ahli, revisi, dan uji coba terbatas untuk menilai kevalidan dan kepraktisan produk, dan tahap disseminate yang berupa penyebarluasan produk secara terbatas kepada pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan pada LKPD yang telah dikembangkan adalah sebesar 87,5% dengan kategori “sangat valid”. Pada tingkat kepraktisan memperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis permainan kelereng pada materi SPLDV dikatakan sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada pembelajaran  matematika pada jenjang SMP.

Author Biographies

Thania Wulandari, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Merupakan mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penulis dapat dihubungi melalui email: thania0305213063@uinsu.ac.id

Yahfizham Yahfizham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Merupakan Dosen aktif Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penulis dapat dihubungi melalui alamat email: yahfizham@uinsu.ac.id

References

Agustian, L., Sastrawati, E., & Indryani. (2025). Eksplorasi etnomatematika dalam arsitektur rumah adat suku komering untuk pembelajaran geometri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 172–182. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.85335

Azwar, S. (1996). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Pustaka Pelajar.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis addie model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dumila, S. M., Nurhayati, N., & Mariyam, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi linier satu variabel kelas vii smp. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(2), 67–76. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.51504

Efendi, M., Alfain, A., Zakaria, S. M., Wiyati, A., Arifin, S., & Dupriansyah, M. (2023). Pengembangan bahan ajar ips terpadu berbasis adiwiyata dengan pendekatan inquiry training pada lks siswa di smpn 11 kota banjarbaru. 8(2), 82–86.

Firdausi, N. I. (2024). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah 7 menggunakan model novickberbantu lkpd pada materi spldv kelas viii smp negeri 5 percut sei tuan [universitashkbp nommensen]. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11267

Handika, Widiawati, Widyaningrum, I., & Indrayati, H. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan software articulate storyline 3 pada materi luas lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(2), 242–252. https://dx.doi.org/10.21831/jpms.v13i2.85370

Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas viii mts. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 61. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532

Hasibuan, M. A. (2024). Pengembangan video animasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas vi madrasah ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Khairunnisa, I. A., Mairing, J. P., Sudirman, S., & Rodríguez-Nieto, C. A. (2025). Integrating cultural contexts into mathematics: effects of culture-based worksheets on students’ mastery of geometric transformations. Polyhedron International Journal in Mathematics Education, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.59965/pijme.v3i1.167

Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas ix. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877

Munawarah, M., Ansori, H., & Amalia, R. (2023). Pengembangan lkpd bangun ruang berbasis hots dengan konteks industri kayu pinggiran sungai barito. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 227. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i2.15956

Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) etnomatematika berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887

Peni, N. R. N., & Baba, T. (2019). Consideration of curriculum approaches of employing ethnomathematics in mathematics classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032125. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032125

Pratama, F. I., & Rohaeti, E. (2024). How Does “Chemistry Challenge” E-book Affect the Chemical Literacy Profile? A Study to Test Learning Media Effectiveness. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2253–2260. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7018

Putra, A. R., Susanti, N., & Wahyudi, A. (2022). Relevansi lkpd dengan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika. Jurnal inovasi pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 88–97. https://doi.org/10.31227/jip.v9i2.5678

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2007). Design and development research: methods, strategies, and issues. Taylor and Francis.

Rohimah, S., Lestari, D., & Maulida, L. (2021). Kualitas lkpd pada materi spldv: tinjauan dari aspek visual dan materi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(1), 33–42. https://doi.org/10.31227/jep.v7i1.9012

Safitri, A. W. (2023). Eksplorasi etnomatematika budaya lokal indonesia pada rumah adat joglo di desa dasri kabupaten banyuwangi. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(2), 169–183. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i2.11769

Safriyanti, S., & Yahfizham, Y. (2023). Ethnomathematics exploration of museum gedung arca (state museum of north sumatra). Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 29–47. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i1.358

Sawita, K., & Br Ginting, S. S. (2022). Identifikasi etnomatematika: motif dalam kain songket tenun melayu langkat sumatera utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2064–2074. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1491

Setiani, W., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis etnomatematika untuk kemampuan literasi matematis materi spldv. JURMADIKTA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1749

Shabira, N., & Andhany, E. (2023). Pengembangan lkpd berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Euclid, 10(1), 147. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8532

Silfiana, N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika permainan kelereng sebagai media belajar matematika sekolah dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3924

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. 02(2), 17–22.

Siregar, T. J., Br Ginting, S. S., & Nasution, H. A. G. (2024). Pengembangan bahan ajar mata kuliah geometri transformasi berbasis budaya sumatera utara. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 233. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15644

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitaif dan r&d. Bandung: Alfabeta. Alfabeta.

Taus, F. M. V., Nahak, S., & Deda, Y. N. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional congklak di desa femnasi. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.4979

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic literature review: etnomatematika kearifan lokal budaya sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183

Widodo, S. A., & Gunawan, R. (2024). Integrating local culture in student worksheets to improve mathematics learning outcomes. Journal of Educational Research and Practice, 14(3), 101–115. https://doi.org/10.31227/jerp.v14i3.3344

Yusnizar, Y., & Yahfizham, Y. (2024). Ethnomathematics identification in west sumatra rantak dance performances. Unnes Journal of Mathematics Education, 13(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/5j8zky90

Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel di smpn 1 campaka mulya-cianjur. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 59–67. https://doi.org/DOI 10.22460/jpmi.v3i1.p59-68

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Wulandari, T., & Yahfizham, Y. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Permainan Kelereng pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 69–80. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88578

Citation Check