Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Bunga Bale Melayu pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.88442Keywords:
Bunga bale melayu, Etnomatematika, Pengembangan LKPDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika Bunga Bale Melayu pada materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menerapkan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas IX. Didapatkan persentase 93,3%, bahwa LKPD berbasis etnomatematika ini dikategorikan sebagai sangat valid berdasarkan hasil validasi penilaian ahli. Penilaian terhadap aspek kepraktisan menunjukkan bahwa LKPD memperoleh respon sangat praktis dari guru matematika dengan persentase 90,6%, serta respon positif dari peserta didik dengan persentase 88,72%, yang juga termasuk dalam kategori sangat praktis. Sementara itu, hasil evaluasi terhadap keefektifan menunjukkan bahwa LKPD ini sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, dengan persentase mencapai 94,0%. Sehingga penerapan LKPD berbasis etnomatematika Bunga Bale Melayu terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran pada materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
References
Ainiyah, N., Selvi, L. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi. Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 243-356. https://doi.org/10.24260/
Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45-54. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/index
Alam. S, 2023. Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. Media Indonesia, 18 Des, "Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023" https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023#:~:text=PISA%20dan%20Transformasi%20SDM%20Unggul&text=Bahkan%2C%20peringkat%20Indonesia%20pada%20PISA,posisi%20jika%20dibandingkan%20dengan%202018.
Andhany, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Melalui Game Edukasi Lacaku Pada Materi Aljabar. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 213-220. https://doi.org/10.58432/relevan.v5i3
Andhany, E., & Maysarah, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Literasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3503-3515. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6299
Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9222 – 9231. https://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/2844
Ayuningsih, I., Anjariyah, D., & Wiyono, H. J. (2024). Penerapan Pembelajaran LKPD Etnomatematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Pada Materi Statistika (Doctoral dissertation, Universitas Islam Majapahit). https://repository.unim.ac.id/id/eprint/5099
Hasanah, R. U., Afri, L. D., & Maysarah, S. (2024). Exploration of Ethnomathematics in Pekanbaru City Traditional Hall Building. JTMT: Journal Tadris Matematika, 5(2), 100-115. https://doi.org/10.47435/jtmt.v5i2.3204
Isnaniah, I., Firmanto, P., & Imamuddin, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Budaya Minangkabau Pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2605-2619. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Khairunnisa, K., & Ginting, S. S. B. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Balai Adat Melayu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1).
Luthfi, H., Fibri, R. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98 – 109. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877
Marlissa, I., Juandi, D., & Turmudi, T. (2024). Persepsi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 148-159.
Purnamasari, D., Sari, R., & Hidayati, N. (2020). Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika: Integrasi Budaya Lokal untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 123-134. https://doi.org/10.24905/psej.v9i1.204
Putri, G. A. M. A. (2024, October). Etnomatematika dalam Budaya Bali: Sebuah Tinjauan Literatur dan Integrasinya dalam Kurikulum Pembelajaran Matematika. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 4, pp. 63-78).
Putri, Y. W., Kusumaningtyas, W., Nur, D. R., & Amanda, M. (2024). Peran Etnomatematika Dalam Mendukung Literasi Matematika Di Era Society 5.0. Jurnal Sains, 3(1), 24-32. https://ejournal.itsnulampung.ac.id/ojs/index.php/jik
Virda, G. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kontektual Dengan Pendekatan Etnomatematis Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG). https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23241
Rahmat, A. S. (2018). Desain Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Etnomatematika Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Rahmawati, N., Supriyadi, S., & Anwar, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 45-56
Rawani, D., & Fitra, D. (2022). Etnomatematika: Keterkaitan Budaya dan Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(2), 19-26.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia, 4(2), 645-656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Rizqi, N. R., Saragih, S., Napitupulu, E. E., & Maharani, I. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Berbasis Budaya Melayu Deli Melalui Model Problem Based Learning. PRISMA, 12(2), 466-474. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Sari, M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 150-162.
Setiawan, A., Prabowo, H., & Lestari, D. (2021). Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 89-98
Shabira, N., & Andhany, E. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Euclid, 10(1), 147-165. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengembangan+LKPD+berbasis+etnomatematika+&btnG=#d=gs_qabs&t=1752163053881&u=%23p%3DZFhS42zAUx0J
Subakti, D. P. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik budaya jambi menggunakan model Discovery Learning berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis (Doctoral dissertation, Magister Pendidikan Matematika). https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21822
Sutrianny, D. N. (2024). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Etnomatematika Budaya Bali pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan (Doctoral dissertation, IAIN Metro). https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/10910
Wulandari, R., Lubis, M. S., & Siregar, T. J. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(6). https://doi.org/10.58432/relevan.v5i3
Yudhi, P., & Septiani, F. (2024). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Abstrak. Inovasi Pendidikan, 11 (1), 59–64. https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5649
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.