Pengembangan LKPD Eco-enzyme Berbasis Project-based Learning untuk Melatih Sikap Peduli Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.85421Keywords:
Eco-enzyme, Pengembangan LKPD, PjBL, Sikap peduli lingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan (Lembar Kerja Peserta Didik) LKPD eco-enzyme berbasis (Project-based Learning) PjBL pada materi bioteknologi untuk melatih sikap peduli lingkungan siswa SMP kelas IX. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RnD) dengan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop and disseminate. Hasil pengembangan LKPD berbasis PjBL dikatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 91%, hasil validasi ahli media mendapatkan nilai persentase sebesar 89%, dan hasil validasi ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 90% dengan kategori sangat layak. LKPD juga dinyatakan sangat praktis digunakan dengan hasil respon siswaan guru sebesar 88%. Hasil penerapan LKPD di lapangan berdasarkan penilaian sikap peduli lingkungan siswa dengan uji statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD dan model PjBL yang diterapkan di kelas eksperimen memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa. Oleh karena itu, LKPD dan model PjBL ini dapat dipertimbangkan untuk pembelajaran pendidikan di lingkungan sekolah.
References
Agnafia, D. N., Rohmani, L. A., & Anfa, Q. (2022). Peningkatan pemahaman limbah organik rumah tangga dan cara pemanfaatannya melalui eco-enzyme. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2605. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.8867
Akhyaruddin, A. (2022). Implementasi project based learning-case method (PjBL-CM) dalam pembelajaran morfologi Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 1. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.243
Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan proses sains siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296–8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692
Ardoin, N. M., Bowers, A. W., & Gaillard, E. (2020). Environmental education outcomes for conservation: A systematic review. Biological Conservation, 241, 108224. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2019.108224
Arifah, F. N., & Prima, E. C. (2025). Testing the antimicrobial efficacy of eco-enzymes on Staphylococcus aureus and Escherichia coli as a participatory student activity in biotechnology material for food waste management. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v6i1.156
Baari, M. J., Alif, A., Na, L., Mbuli, F., Fazira, Y., Mukti, E. F., Indriani, W., Kurniawan, M. S. A., Hairia, W., & Anindita, F. (2024). Sosialisasi dan pelatihan pembuatan eco enzyme dari sampah organik rumah tangga di Desa Tanailandu Kabupaten Buton Tengah. Journal of Human and Education, 4(3), 393–398..
Berlian, M., Salsabilla, D., Junaidi, K., & Vebrianto, R. (2023). Pengembangan LKPD IPA untuk meningkatkan keterampilan proses sains: Systematic literature review development of science worksheets to improve science process skills: Systematic literature review. Jurnal Sains dan Pendidikan Matematika, 12(2). http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat
Darmawan, A., Sangaji, F., Korespondesi, E., & Kunci, K. (n.d.). Seberapa efektif penggunaan model pembelajaran scientific dalam praktikum ilmu pengetahuan alam. Jurnal JASER (Jurnal Asesmen dan Riset). https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/jaser
De Pauw, J. B., Gericke, N., Olsson, D., & Berglund, T. (2015). The effectiveness of education for sustainable development. Sustainability (Switzerland), 7(11), 15693–15717. https://doi.org/10.3390/su71115693
Destiara, M., Himmah, N., & Indriyani, S. (2021). Pengembangan LKPD materi Arthropoda berbasis STEM berteknologi augmented reality. Journal of Biology Education, 3(1). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/bioeduca
Diwanul Mujahidin, M., Bayu Segara, N., & Galih Setyawan, K. (n.d.). Analisis implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila “gaya hidup berkelanjutan” dalam menanamkan peduli lingkungan di SMP Negeri 2 Taman. Vol 3(4).
Firman, Y., & Nardi, M. (n.d.). Analisis sikap peduli lingkungan pada siswa kelas VI sekolah dasar di Kota Ruteng: The analysis on the sixth grade students’ environmental care at elementary school in Ruteng.
Jannah, S. R., Firmansyah, R., & Nurfitri, A. (2023). Penerapan model project based learning dalam menginisiasi kegiatan kolaboratif peserta didik pada pembelajaran biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1972
Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific literacy and science learning achievement at junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630–636. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20312
Kiranti, K. P. (2019). Pasar Bauntung Banjarbaru sebagai laboratorium IPS.
Kurnia, R. P., & Suryadharma, I. G. P. (2016). Perangkat pembelajaran biologi kegiatan ecotourism untuk mengasah keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 230. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.12252
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media Screencast-O-Matic mata kuliah Kalkulus 2 menggunakan model 4-D Thiagarajan.
López, J. A., & Palacios, F. J. P. (2024). Effects of a project-based learning methodology on environmental awareness of secondary school students. International Journal of Instruction, 17(1), 1–22. https://doi.org/10.29333/iji.2024.1711a
Muhammaditya, N., & Hardjosoekarto, S. (2021). Divergensi transformasi digital pengelolaan bank soal menghadapi era masyarakat 5.0. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 54–77. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1893
Niswara, R., & Untari, M. F. A. (n.d.). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh model project based learning (PJBL) terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Pradika Putri, N., Hadiati, S., & Sari, I. N. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Videoscribe pada materi getaran dan gelombang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA), 6(1). https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6257
Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk membantu siswa berpikir kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98
Romadhon, M. S., Dianita, E., & Susilawati, S. (n.d.). Studi komparatif: Hakikat bahan ajar modul dan LKPD pada mata pelajaran IPS dan PPKN di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Madrasah, (1).
Safitri, I., Yuliono, A., Sofiana, M. S. J., Helena, S., Kushadiwijayanto, A. A., & Warsidah, W. (2021). Peningkatan kesehatan masyarakat Teluk Batang secara mandiri melalui pembuatan handsanitizer dan desinfektan berbasis eco-enzyme dari limbah sayuran dan buah. Journal of Community Engagement in Health, 4(2), 371–377. https://doi.org/10.30994/jceh.v4i2.248
Setiawan Lahope, K. (2022). Pengembangan pembelajaran TED (Thematic-Exploration-Democratic) dalam belajar fisika pada mata kuliah fisika lingkungan: Development of TED (Thematic-Exploration-Democratic) learning in learning physics in environmental physics course.
Sholeh, I., Munir, A., Tasya, D. A., Sokip, U., Syafi, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & Fatinnah, S. B. A. R. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Tinta, 6(2).
Suswati, T. (2024). Peningkatan kepedulian lingkungan dan pemahaman tentang bidang datar tidak beraturan menggunakan media berbasis Adiwiyata pada siswa kelas VII SMPN 1 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 3(1), 47–67. https://jurnal.widyahumaniora.org/
Tuhumury, N. C., Tuahatu, J., & Manuputty, G. D. (2024). Effect of eco-enzyme on water quality parameters in some rivers disembogued at Ambon Bay. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 14(4), 824–835. https://doi.org/10.29244/jpsl.14.4.824
Wardani, D. N. K. (2020). Analisis implementasi program Adiwiyata dalam membangun karakter peduli lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.
Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa.
Yıldız, E., & Şimşek, Ü. (2022). Identifying the subjects in which sixth-grade students have difficulty learning in science lessons, as well as the causes of the problems and possible solutions. Journal of Qualitative Research in Education, 22(32).
Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Januari, 9(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.