Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gender: Studi Kasus Siswa Perempuan Skor Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84706Keywords:
Kesalahan Siswa, Eksponen, GenderAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya pada materi eksponen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 39 siswa kelas X. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih 6 siswa yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan dengan skor tinggi. Data dikumpulkan dengan memberikan instrumen tes, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun siswa perempuan dengan skor akademik tinggi dapat menyelesaikan soal matematika, ia tetap melakukan berbagai jenis kesalahan, terutama pada materi eksponen. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan membaca, konsep, prosedur, dan teknik. Perlunya adanya pendekatan pembelajaran matematika untuk memperkuat pemahaman konsep, penerapan prosedur, serta ketelitian teknis dalam menyelesaikan soal.
References
Azmiah, A., Matematika, M., Persamaan, S., Dua, L., & Kastolan, T. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasar tahapan kastolan ditinjau dari perbedaan gender. 441–450.
Istiqomah, F. N., & Sulistyowati, F. (2023). Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Permasalahan Bilangan Pangkat. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 629–636.
Meldawati, M., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 1. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.7681
Ningsih, S. K., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matemaika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Nurfauziah, P., & Fitriani, N. (2019). Gender dan Resiliensi Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Scientific Berbantuan VBA Excel. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 28–37.
Ra Bota, M., Keremata Lede, Y., R.M.Making, S., N.S.Patty, E., & Astuti Iriyani, S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Varied Knowledge Journal, 1(4), 26–36. https://doi.org/-
Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. MATHEdunesa, 11(2), 446–457. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457
Rezki, R., Suharna, H., & Sari, D. P. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Eksponensial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(1), 23–33.
Sari, M. R., Sa, C., Malang, U. N., & No, J. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.