Pengaruh PBL-STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.84682Keywords:
Problem Based Learning, Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji sampai mana efektivitas model pembelajaran Problem-based Learning yang dikombinasikan dengan pendekatan Student Teams Achievement Division (PBL-STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sebanyak 23 siswa mengikuti pembelajaran pada kelompok eksperimen dan 23 siswa lainnya berada pada kelompok kontrol. Materi yang diajarkan mencakup konsep kesebangunan dan kekongruenan. Berdasarkan nilai post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelompok eksperimen mencapai 70,00, lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya mendapat nilai rata-rata 52,83, dengan nilai signifikansi p = 0,006 < 0,05. Selain itu, uji Gain ternormalisasi pada kelompok eksperimen yang mendapat hasil 0,589, juga lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mendapatkan hasil 0,325 (p = 0,001 < 0,05). Nilai Cohen’s d senilai 1,054 menunjukkan tingkat pengaruh yang besar. Secara keseluruhan, temuan ini buktikan bahwasanya model pembelajaran PBL-STAD secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan berpotensi menjadi alternatif inovatif pada proses pembelajaran.
References
Aiman, U., Abdullah, K., Jannah, M., Hasda, S., Fadilla, Z., Masita, Taqwin, N., Sari, M. E., & Ardiawan, K. N. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif (N. Saputra, Ed.; 1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Andriani, A., Dewi, I., & Manurung, N. (2022). Analysis of student’s mathematical spatial abilities in solving geometric problems. Proceedings of the International Conference on Information and Education, Computer and Society (ICIECS), 1, 2–8. https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2022.2325388
Andriyati, R., & Noviani, L. (2023). Kolaborasi model PBL dan model STAD dalam pembelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(2), 92–102. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p92-102
Appiah, J. B., Arthur, Y. D., Boateng, F. O., & Akweittey, E. (2023). Teacher-student relationship and students’ mathematics achievement: Mediating roles of students’ perception of mathematics, students’ self-efficacy, and cooperative learning strategies. Journal of Mathematics and Science Teacher, 3(2), em041. https://doi.org/10.29333/mathsciteacher/13193
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Assaibin, M., & P, M. A. (2024). Pengaruh strategi pembelajaran Guided Note Talking (GNT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Pariangan. Journal Peqguruang: Conference Series, 6(1), 224–227.
Erawati, D. (2022). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. SHEs: Conference Series, 5(5), 1086–1093. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Insani, M. D., Nasrullah, A., & Bahri, S. (2024). Analisis efektivitas metode problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Jurnal Ulul Albab, 28(2), 64. https://doi.org/10.31764/jua.v28i2.23327
Marchy, F., Murni, A., Kartini, K., & Muhammad, I. (2022). The effectiveness of using problem-based learning (PBL) in mathematics problem-solving ability for junior high school students. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 8(2), 185. https://doi.org/10.30595/alphamath.v8i2.15047
Maulidina, A., Efendi, A., & Sunaryo, Y. (2024). Model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Proceeding Galuh Mathematics National Conference, 4(1), 68–74. https://doi.org/10.12928/admathedu.v10i1.14486
Nala Anjani, Malisatul Muhajah, & Nasywa Huwaida, B. A. (2023). Inovasi model pembelajaran pada SD tingkat rendah. Prosiding SEMAI 2, 145–152.
Nindiasari, H., Fatah, A., & Magister Pendidikan Matematika Untirta. (2022). Analisis meta: Pengaruh model pembelajaran problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1558–1567.
Ningsih, E. D. R., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4828–4838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3073
Nurhalizah, S., Munfaridah, N., & Mudaiyah, S. (2024). Implementasi PBL-STAD untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(2). https://doi.org/10.17977/um067.v4.i2.2024.2
Nurhidayah, & Prastitasari, H. (2024). Implementasi model PBL, STAD, dan make a match meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika SDN Belitung Selatan 5. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 2(2), 528–536.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian (1st ed.). Sibuku Media.
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Math Locus: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Pratama, F. I., Rohaeti, E., Ariantika, D., Fauzia, S. D., Wulandari, N. I., & Pawestri, J. S. (2024). Inovasi model literacy and research-oriented cooperative problem-based learning dalam kasus pencemaran air oleh logam fe. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(2), 132–138. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.79113
Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A Bridge in the activeness of chemistry education students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392
Purba, U. A., Azis, Z., & History, A. (2022). The effectiveness of problem based learning model on the ability to solve mathematical problems in terms of students’ analytical thinking ability. Journal of Mathematics Education and Application (JMEA), 1(2), 73–80. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mtika/index
Simorangkir, A., & Rohaeti, E. (2025). Fostering confidence in chemistry: How problem-based learning elevates self-efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 198–206. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84437
Qayyum, S. A. (2020). Analisis hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Siak Hulu. [Skripsi, Universitas Islam Riau].
Ridho, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. Jurnal E-DuMath, 8(2), 118–128.
Rusmiyanti, M., Anitra, R., & Mertika. (2024). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V. J-PiMat, 6(2), 1457–1468.
Safirah, A. D., & Abdillah, M. I. (2024). Pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Arsen: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 1797–1804. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1307
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking (T. K. Indratno, Ed.; 1st ed.). Suryacahya.
Taloen, S. Y., & Susanti, A. E. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) dalam mengupayakan tanggung jawab siswa. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 19(2), 14. https://doi.org/10.19166/pji.v19i2.6562
Triyatun. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika kelas IV sekolah dasar melalui model problem based learning. SHEs: Conference Series, 9(5), 356–363.
Wondo, M. T. S., Meke, K. D. P., & Sao, S. (2021). Efektivitas problem based learning setting STAD dari hasil belajar dan disposisi matematis mahasiswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2747.
Zuschaiya, D. (2024). Faktor yang memengaruhi minat dan kesulitan belajar matematika siswa tingkat sekolah dasar. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.314
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.