Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang

Authors

  • Puspita Rahayuningsih Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Abdul Qohar Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Keywords:

analisis kesalahan, newman, scaffolding, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan scaffolding-nya berdasarkan tahapan analisis kesalahan Newman. Data diperoleh dari hasil tes, wawancara, dan proses pemberian scaffolding. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan pada tahap comprehension, transformation, process skill, dan encoding. Sedangkan bentuk scaffolding yang dilakukan adalah explaining, reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking.

Kata kunci: analisis kesalahan, newman, scaffolding, SPLDV

Downloads

Published

2014-12-14

How to Cite

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Citation Check