Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta didik SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau Berdasarkan Gender

Febriana Rihi, Louise M Saija

Abstract


Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik SMP pada materi persamaan garis lurus yang ditinjau berdasarkan gender. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Advent di Cimindi, Setia Budi, Parongpong dan Bogor, Jawa Barat pada tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 31 peserta didik laki-laki dan 35 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan pedoman wawancara. Metode triangulasi digunakan untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman matematis peserta didik laki-laki berada pada kategori rendah sedangkan peserta didik perempuan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik yang memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi, peserta didik perempuan lebih unggul dalam mendeskripsikan masalah secara lengkap daripada peserta didik laki-laki. Tidak terdapat perbedaan antara peserta didik perempuan dan laki-laki dengan kemampuan pemahaman matematis sedang dan rendah.


Keywords


pemahaman matematis; persamaan garis lurus; gender

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi lingkaran berbentuk soal kontekstual ditinjau dari gender. Numeracy, 5(1), 19-28.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.

Habel, I. F., & Susilowaty, N. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. Jurnal Padegogik, 4(2), 32-42.

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA berdasarkan gender. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347-354.

Khusna, H., Purnomo, B. A., & Awalludin, S. A. (2021). Perspektif gender dalam merancang model matematika. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 60-68.

Monikasari, F., Sugiyanti, S., & Kartinah, K. (2021). Profil pemahaman konsep siswa dalam pemecahan masalah matematika menurut tahapan Polya ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(5), 411-417.

Mulyadi, A. (2012). Relasi laki-laki dan perempuan (Menabrak tafsir teks, menakar realitas). Al-Ihkam: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 7(2), 247-261.

Nuraeni, N., Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis dan tingkat kepercayaan diri pada siswa MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 975.

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214-1223.

Nursaadah, I., & Risma, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik SMP pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Numeracy, 5(1), 1-9.

Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 39-46.

Quintasari, D., Budayasa, I. K., & Sulaiman, R. (2021). Profil penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 10(3), 89-94.

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis peserta didik SMP pada materi himpunan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(1), 93-102.

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender pada materi geometri. Numeracy, 5(1), 41-48.

Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektivitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.

Septiani, L., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah menengah pertama berdasarkan gaya kognitif. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 28-41.

Utami, N. I., Sudirman, S., & Sukoriyanto, S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi komposisi fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 1-13.

Wardhani, W. D. L., Puspitasari, N., Lestari, E. D., & Sulistianingsih, A. (2019). Boneka gender: Implementasi metode proyek pendidikan gender pada calon guru PAUD. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 86-101.

Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan kemampuan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan metaphorical thinking. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 28-39.

Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisiskemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203-214.

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209-219.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.44944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains


 

 

 

Dimensions AI | The most advanced scientific research database


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. ISSN 1410-1866 (print) | ISSN 2549-1458 (online)

View JPMS Stats

=============================================================================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo