Pengembangan Website Vocational Chemistry Berbasis Demonstrasi Interaktif sebagai Media E-Learning untuk Pembelajaran Kimia di SMK

Authors

  • Togu Gultom Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lis Permana Sari Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3891

Keywords:

website vocational chemistry, kimia SMK, e-learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas website Vocational Chemistry berbasis demontrasi interaktif yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran kimia di SMK, serta respon peserta didik SMK terhadap website Vocational Chemistry sebagai sumber belajar kimia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model prosedural dengan menggunakan model ADDIE. Website Vocational Chemistry yang dikembangkan melalui 3 tahap yaitu uji coba, penilaian kelayakan website sebagai media e-learning, dan uji coba terbatas pada 68 peserta didik SMK. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan karakteristik Website Vocational Chemistry yang dikembangkan sebagai media e-learning kimia SMK meliputi 4 bidang yaitu Analisis, Kesehatan dan Nutrisi, Pertanian, serta Teknologi dan Industri. Uji kualitas menunjukkan bahwa diperoleh rerata skor 108,2 dari skor maksimal 135. Skor termasuk kategori "Baik" dengan persentase keidealan 80,15%. Hasil implementasi terbatas menunjukkan bahwa 57 peserta didik atau 83,82% peserta didik yang tertarik dan senang belajar dengan website Vocational Chemistry.

Kata kunci: website vocational chemistry, kimia SMK, e-learning

Downloads

Published

2014-06-14

How to Cite

Gultom, T., & Sari, L. P. (2014). Pengembangan Website Vocational Chemistry Berbasis Demonstrasi Interaktif sebagai Media E-Learning untuk Pembelajaran Kimia di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 42–50. https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3891

Issue

Section

Articles