Keefektifan Resource Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Lingkaran

Authors

  • Ula Himatul Aliyah Jurusan Matematika FMIPA UNNES
  • Hardi Suyitno Jurusan Matematika FMIPA UNNES
  • Arief Agoestanto Jurusan Matematika FMIPA UNNES

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3888

Keywords:

keefektifan, kemampuan pemecahan masalah, resource based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Resource Based Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran subpokok bahasan persamaan garis singgung lingkaran dan mengetahui apakah penerapan model Resource Based Learning lebih baik dari Problem Based Learning. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes yang dianalisis dengan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen dan kontrol telah mencapai ketuntasan klasikal. Keaktifan peserta didik kelas eksperimen dan kontrol dalam pembelajaran mencapai kriteria sangat aktif. Kinerja guru selama pembelajaran mencapai kriteria sangat baik. Kelas eksperimen memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dari kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah penerapan Resource Based Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan penerapan Resource Based Learning lebih baik dari Problem Based Learning.

Kata kunci: keefektifan, kemampuan pemecahan masalah, resource based learning

Downloads

Published

2014-06-14

How to Cite

Aliyah, U. H., Suyitno, H., & Agoestanto, A. (2014). Keefektifan Resource Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3888

Issue

Section

Articles