Pengembangan Media KIT Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas IV SD " Kotak Siapa Berani Berkali" Berbasis Cooperative Learning
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.25816Keywords:
model pembelajaran ADDIE, pembelajaran matematika, pengembanganAbstract
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kualitas pembelajaran dan sumber belajar. Namun pada kenyataannya kualitas dan tujuan pembelajaran masih belum maksimal dan bahkan dirasakan masih rendah. Rendahnya kualitas pembelajaran secara umum dapat dilihat dari dua sisi yaitu proses dan hasil. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk peserta didik kelas IV materi perkalian 3 digit dan 2 digit angka serta mengetahui kelayakan media pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian dengan model ADDIE yang memiliki lima fase atau tahap utama, yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berkategori baik. Berdasarkan hasil validasi ahli materi I dengan presentasi 83,1%. Berkategori sangat baik berdasarkan hasil validasi ahli media I dengan presentasi 90 %. Berkategori baik berdasarkan hasil validasi peserta didik dengan presentasi 80 %.References
Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), 28-32.
Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(2), 204-214.
Elida, N. (2012). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran Think-Talk-Write. Infinity Journal, 1(2), 178-185.
Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101-112.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15-26.
Maswar, M. (2017). Analisis statistik deskriptif nilai UAS ekonomitrika mahasiswa dengan program SPSS 23 & Eviews 8.1. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 273-292.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 28-34.
Piaget, J. (1964). Part I: Cognitive development in children: Piaget development and learning. Journal of Research in Science teaching, 2(3), 176-186.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sitem pendidikan nasional.
Sasongko, T. P. M., Dafik, D., & Oktavianingtyas, E. (2016). Pengembangan paket soal model PISA konten space and shape untuk mengetahui level literasi matematika siswa SMP. Jurnal Edukasi, 3(1), 27-32.
Welty, G. (2007). The design phase of the ADDIE model. Journal of GXP Compliance, 11(4), 40-53.
Yuliardi, R. (2017). Analisis terhadap kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari aspek psikologi kognitif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 23-30.
Zaini, H. A. A. (2013). Upaya guru dalam pengembangan metode pembelajaran. Jurnal Ummul Qura, 3(2), 40-48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.