Sikap Siswa SMP Terhadap Matematika Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.178Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui sikap siswa terhadap matematika dalam pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended (POE) dan Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Penelitian eksperimen dirancang menggunakan two groups pretest-post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Pada SMP kategori sedang, dipilih secara acak sebanyak dua sekolah sebagai sampel kemudian masing-masing dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Pendekatan Open-Ended (POE), dan kelas kontrol menggunakan Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan POE secara signifikan memiliki sikap yang lebih positif terhadap matematika dibanding siswa yang mengikuti Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Pendekatan pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa tidak berinteraksi secara nyata bagi sikap siswa terhadap matematika.
Kata kunci: pendekatan open-ended, sikap terhadap matematika
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.