Sikap Siswa SMP Terhadap Matematika Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended

Authors

  • Hartanto Hartanto Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.178

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui sikap siswa terhadap matematika dalam pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended (POE) dan Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Penelitian eksperimen dirancang menggunakan two groups pretest-post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Pada SMP kategori sedang, dipilih secara acak sebanyak dua sekolah sebagai sampel kemudian masing-masing dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Pendekatan Open-Ended (POE), dan kelas kontrol menggunakan Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan POE secara signifikan memiliki sikap yang lebih positif terhadap matematika dibanding siswa yang mengikuti Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Pendekatan pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa tidak berinteraksi secara nyata bagi sikap siswa terhadap matematika.

Kata kunci: pendekatan open-ended, sikap terhadap matematika

Downloads

How to Cite

Hartanto, H. (2010). Sikap Siswa SMP Terhadap Matematika Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.178