Pembelajaran Kimia Terintegrasi Kemampuan Generik Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Calon Guru
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.175Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran kimia (MPK) terintegrasi kemampuan generik sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir calon guru kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. (R&D). Objek penelitianya adalah matakuliah Kimia Dasar I, Dasar Pemisahan Analitik, serta Kimia Organik I. MPK dilakukan melalui validasi pakar, uji coba empiris, revisi, sehingga hasil akhir tersusunnya MPK aplikatif siap diterapkan untuk pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan MPK terintegrasi kemampuan generik sains mampu (a) meningkatkan kemampuan berpikir calon guru kimia sampai pada tingkat capaian kategori sedang, (b) meningkatkan penguasaan konsep kimia calon guru kimia sampai pada harga N-gain sedang untuk Kimia Dasar I dan Kimia Organik I, sedangkan matakuliah Dasar Pemisahan Analitik termasuk kategori rendah, (c) memperoleh tanggapan positif calon guru, terutama MPK yang dikembangkan dapat mengajak calon guru terlibat aktif selama pembelajaran.
Kata kunci: model pembelajaran kimia (MPK), kemampuan berpikir, kemampuan generik sains
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.