Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Fisika SMA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.132Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar fisika di SMA. Sasaran pe-nelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kebomas Gresik. Penelitian ini tergolong pra-eksperimen, desain yang digu-nakan adalah The One-Shot Case Study. Perlakuan yang diterapkan adalah berupa pembelajaran kooperatif tipe Teams games Tournament (TGT). Data berupa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dinilai sangat baik oleh pengamat, dengan nilai sebesar 81,37, 2) Aktivitas guru selama proses pembelajaran telah sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, 3) Aktivitas siswa di kelas mencerminkan pembelajaran berpusat pada siswa, dan 4) Hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan belajar sebesar 88,6 dan 5 respon siswa positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TGT, fisika SMA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.