Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Fisika SMA

Authors

  • Dwikoranto Dwikoranto Jurusan Fisika FMIPA Unesa

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar fisika di SMA. Sasaran pe-nelitian   adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Kebomas Gresik. Penelitian ini tergolong pra-eksperimen, desain yang digu-nakan adalah The One-Shot Case Study. Perlakuan yang diterapkan adalah berupa pembelajaran kooperatif tipe Teams games Tournament (TGT). Data berupa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dinilai sangat baik oleh pengamat, dengan nilai sebesar 81,37, 2) Aktivitas guru selama proses pembelajaran telah sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, 3) Aktivitas siswa di kelas mencerminkan pembelajaran berpusat pada siswa, dan 4) Hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan belajar sebesar 88,6 dan 5 respon siswa positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe TGT.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TGT, fisika SMA

Author Biography

Dwikoranto Dwikoranto, Jurusan Fisika FMIPA Unesa


Downloads

Published

2010-04-09

How to Cite

Dwikoranto, D. (2010). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(1), 15–20. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.132