Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.12438Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis yang ditampilkan siswa dalam pembelajaran biologi materi ekosistem menggunakan media koran untuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik, Sleman, tahun ajaran 2007/2008. Data keterampilan berpikir kritis siswa dikumpulkan melalui pengamatan dan analisis argumen dan kata kunci konteks yang diekspresikan siswa berdasarkan wacana dari media koran yang digunakan. Data dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan, keterampilan berpikir kritis siswa muncul pada indikator mengidentifikasi dan mendeskripsikan persoalan, menganalisis data yang relevan dengan persoalan, dan membuat gagasan/kesimpulan, masing-masing dominan pada tingkat weak dan unacceptable.
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, media koran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.