Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran

Authors

  • Agung W. Subiantoro Jurdik Biologi FMIPA UNY
  • Bahrudin Fatkurohman Jurdik Biologi FMIPA UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.12438

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis yang ditampilkan siswa dalam pembelajaran biologi materi ekosistem menggunakan media koran untuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP PIRI Ngaglik, Sleman, tahun ajaran 2007/2008. Data keterampilan berpikir kritis siswa dikumpulkan melalui pengamatan dan analisis argumen dan kata kunci konteks yang diekspresikan siswa berdasarkan wacana dari media koran yang digunakan. Data dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan, keterampilan berpikir kritis siswa muncul pada indikator mengidentifikasi dan mendeskripsikan persoalan, menganalisis data yang relevan dengan persoalan, dan membuat gagasan/kesimpulan, masing-masing dominan pada tingkat weak dan unacceptable.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, media koran

Downloads

Published

2010-06-23

How to Cite

Subiantoro, A. W., & Fatkurohman, B. (2010). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(2), 111–114. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.12438