Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan Inquiry Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12193Abstract
Penelitian ini adalah untuk 1) mengembangkan model perkuliahan IPA terintegrasi menggunakan pendekatan inquiry yang membekali kemampuan pedagogy-content-knowledge integrated science, 2) memberi contoh pembelajaran IPA terintegrasi dengan pendekatan inquiry bagi calon guru IPA SMP. Metode penelitian adalah R&D dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Hasil penelitian berupa model perkuliahan IPA terintegrasi dan pembelajarannya dengan pendekatan inquiry berupa: 1) standar-standar core dan pedagogy materi sains SMP/MTs; 2) silabus subprogram; dan 3) contoh pembelajaran IPA terintegrasi dengan pendekatan inquiry meliputi: pemetaan kompetensi IPA terintegrasi, silabus, RPP, LKS; panduan penyusunan RPP, panduan peer teaching; tes IPA Terintegrasi I dan tes IPA Terintegrasi II; lembar-lembar penilaian; serta materi pengayaan. Hasil implementasi perangkat pembelajaran dalam perkuliahan menunjukkan, bahwa terdapat peningkatan kompetensi integrasi IPA; pemahaman IPA; dan pemahaman interdisipliner bidang IPA. Hasil penelitian juga menunjukkan kompetensi mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran IPA terintegrasi dan melaksanakan serta mengelola pembelajaran berkategori baik.
Kata kunci: IPA terintegrasi, pendekatan inquiry, pengembangan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.