Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan Inquiry Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA

Authors

  • Insih Wilujeng Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY
  • Agus Setiawan Program Studi Pendidikan IPA SPs UPI
  • Liliasari Liliasari Program Studi Pendidikan IPA SPs UPI

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12193

Abstract

Penelitian ini adalah untuk 1) mengembangkan model perkuliahan IPA terintegrasi menggunakan pendekatan inquiry yang membekali kemampuan pedagogy-content-knowledge integrated science, 2) memberi contoh pembelajaran IPA terintegrasi dengan pendekatan inquiry bagi calon guru IPA SMP. Metode penelitian adalah R&D dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Hasil penelitian berupa model perkuliahan IPA terintegrasi dan pembelajarannya dengan pendekatan inquiry berupa: 1) standar-standar core dan pedagogy materi sains SMP/MTs; 2) silabus subprogram; dan 3) contoh pembelajaran IPA terintegrasi dengan pendekatan inquiry meliputi: pemetaan kompetensi IPA terintegrasi, silabus, RPP, LKS; panduan penyusunan RPP, panduan peer teaching; tes IPA Terintegrasi I dan tes IPA Terintegrasi II; lembar-lembar penilaian; serta materi pengayaan. Hasil implementasi perangkat pembelajaran dalam perkuliahan menunjukkan, bahwa terdapat peningkatan kompetensi integrasi IPA; pemahaman IPA; dan pemahaman interdisipliner bidang IPA. Hasil penelitian juga menunjukkan kompetensi mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran IPA terintegrasi dan melaksanakan serta mengelola pembelajaran berkategori baik.

Kata kunci: IPA terintegrasi, pendekatan inquiry, pengembangan

Downloads

Published

2016-07-27

How to Cite

Wilujeng, I., Setiawan, A., & Liliasari, L. (2016). Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan Inquiry Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 15(1), 19–27. https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12193