Kualitas Tes Buatan Guru Matematika SLTP Negeri di Kota Madya Kendari
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12172Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas tes buatan guru matematika SLTP Negeri di Kota Madya Kendari. Selain itu, diungkap kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam membuat tes serta tanggapan siswa tentang evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif yang dilaksanakan pada 6 SLTP Negeri di Kota Madya Kendari. Sampel penelitian adalah tes formatif di Cawu II. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes matematika buatan guru dilihat dari segi kesesuaian isi soal-soal dengan tujuan pembelajaran, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda termasuk tes yang baik. Proporsi soal-soal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran adalah 0,9. Sebanyak 55,7% soal mempunyai tingkat kesukaran sedang, dan sebanyak 78,8% soal mempunyai daya pembeda cukup dan baik. Kesulitan-kesulitan yang dialami guru dalam membuat tes terutama dalam tiga hal, yaitu: menilai kualitas tes, menentukan jumlah butir soal dengan waktu yang tersedia, dan membuat pedoman pemberian skor/kriteria jawaban. Tanggapan/pendapat siswa tentang evaluasi yang dilaksanakan oleh guru adalah baik.
Kata kunci: evaluasi, kualitas tes, penilaian
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.