Perspektif Humanis Religius dalam Pendidikan Inklusif

Authors

  • Mumpuniarti Mumpuniarti

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.776

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan integrasi penuh dalam berbagai keanekaragaman potensi maupun sifat yang diakomodir pada operasional pendidikan di sekolah. Integrasi itu berlaku juga bagi penyandang cacat dan juga berbagai kondisi anak yang multikultural berada dalam suatu komunitas sekolah untuk belajar bersama-sama. Integrasi penuh dalam keanekaragaman adalah wujud pengakuan dari suatu pandangan yang mengakui akan keberadaan manusia yang bervariasi sebagai makhluk Ciptaan Tuhan yang Maha Esa. Pandangan tersebut adalah humanis-religius yang dalam implementasinya di sekolah sebagai dasar guru untuk memperlakukan siswa secara inklusif.

Downloads

Published

2012-05-11

How to Cite

Mumpuniarti, M. (2012). Perspektif Humanis Religius dalam Pendidikan Inklusif. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.776