Pendidikan Inklusif untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Suparno Suparno Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.775

Abstract

Sebagai suatu model pendekatan pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus, pendidikan inklusif telah menjadi kajian yang menarik di Indonesia pada dekade terakhir ini. Hal ini nampak dari adanya perhatian pemerintah dan masyarakat yang semakin serius untuk mengakomodasi kebutuhan pelaksanaan pendidikan inklusif dalam berbagai bentuk kebijakan dan fasilitas pendukungnya.
Kendati demikian, implementasi pendidikan inklusif pada umumnya masih terfokus pada anak-anak usia sekolah (dasar dan lanjutan), dan belum banyak menyentuh pada anak-anak usia pra-sekolah (usia dini). Tulisan ini berupaya untuk mendeskripsikan tentang berbagai kemungkinan pelaksanaan pendidikan inklusif untuk anak-anak berkebutuhan khusus usia dini, dalam praksis pendidikan di sekolah.

Downloads

Published

2012-05-11

How to Cite

Suparno, S. (2012). Pendidikan Inklusif untuk Anak Usia Dini. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.775