Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • N. Praptiningrum

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.774

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan suatu system layanan pendidikan khusus yang mensyaratkan agar semua anak berkebutuhan khusus dilayani di sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya.

Penyelenggaraan pendidikan inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus seharusnya dapat menciptakan lingkungan yang ramah, menyenangkan, fleksibel, dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa dan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan khusus.

Kenyataan di lapangan penyelenggaraan pendidikan inklusif belum semuanya sesuai dengan pedoman penyelengaraan, baik dari segi kondisi siswa, kualifikasi guru, sarana-prasarana penunjang, dukungan orang tua maupun dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah. Pada dasarnya penyelenggaraan pendidikan inklusif bagi Anak Berkebutuhan khusus masih menjadi fenomena.

Downloads

Published

2012-05-11

How to Cite

Praptiningrum, N. (2012). Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.774