Pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi Surabaya

Pendidikan Jasmani Adaptif Sekolah Inklusi

Authors

September 22, 2022
May 27, 2022

Downloads

Pendidikan Jasmani adaptif menjadi solusi bagi siswa berkebutuhan khusus sebagai bentuk layanan untuk siswa yang kurang bergerak. Pola hidup kurang gerak memilki dampak ancaman kesehatan. Untuk itu pelaksanaan Pendidikan jasmani adaptif harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik. Guru sebagi sosok central dalam proses pembelajaran, diharpkan mampu melaksanakan tugas pengajaran dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi di Kota Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang mengukur data penelitian berupa angka–angka dan analisis menggunakan statistik. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode survei dengan teknik pengumpulan data angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendamping khusus di sekolah inklusi di Kota Surabaya. Sampelnya berjumlah 40 guru pendamping khusus. Data yang telah diperoleh melalui pengisian angket, kemudian diolah dengan analisis deskriptif melalui program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data melalui analisis deskriptif. Dapat diketahui hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi Kota Surabaya yang masuk dalam kategori rendah sebanyak 5 responden dengan persentase sebesar 12.5%, pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi Kota Surabaya yang masuk dalam kategori sedang sebanyak 28 responden sebesar 70%, dan pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi Kota Surabaya yang masuk dalam kategori tinggi sebanyak 7 responden sebesar 17.5%. Hasil tersebut di atas dapat diartikan bahwa pelaksanaan pendidikan jasmani adaptif di Sekolah inklusi Kota Surabaya dalam katagori sedang.