Penggunaan Alat Sablon Manual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Membuat Media Gambar Fauna Styrofoam Siswa Tunagrahita

eko julianto wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penggunaan atau peran media gambar gambar fauna styrofoam dalam hal meningkatkan keterampilan berbicara siswa tunagrahita kelas VIII C1 di SLBN 1 Kota Blitar. (2) Meningkatkan keterampilan berbicara siswa tunagrahita kelas VIII C1 di SLBN 1 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan media gambar styrofoam  pada  pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VIII C1 di SLBN 1 kota Blitar pada Semester I tahun pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan non tes.  Teknik analisis data yang digunakan adalah keterpercayaan, dan keterpahaman. Dalam menguji keabsahan data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar styrofoam  pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa tunagrahita kelas VIII C1 di SLBN 1 Kota Blitar dalam mendeskripsikan mengenal fauna. Bukti dari peningkatan kemampuan siswa tersebut dapat dilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa dalam belajar yaitu pada kondisi awal diperoleh rata-rata 31,33, pada siklus I diperoleh rata-rata 70,65 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 81,66 yang berarti ada peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam belajar.

Kata kunci            : Keterampilan berbicara, Media gambar fauna styrofoam, siswa tunagrahita.


Keywords


Penggunaan Alat Sablon Manual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Membuat Media Gambar Fauna Styrofoam Siswa Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penggunaan atau peran media gambar gambar fauna styrofoam dalam hal meningkatkan keterampilan berbicara siswa tunagrahita kelas VIII C1 di SLBN 1 Kota Blitar. (2) Meningkatkan keterampilan berbicara siswa tunagrahita kelas VIII C1 di SLBN 1 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan media gambar styrofoam pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VIII C1 di SLBN 1 kota Blitar pada Semester I tahun pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah keterpercayaan, dan keterpahaman. Dalam menguji keabsahan data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar styrofoam pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa tunagrahita kelas VIII C1 di SLBN 1 Kota Blitar dalam mendeskripsikan mengenal fauna. Bukti dari peningkatan kemampuan siswa tersebut dapat dilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa dalam belajar yaitu pada kondisi awal diperoleh rata-rata 31,33, pada siklus I diperoleh rata-rata 70,65 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 81,66 yang berarti ada peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam belajar.

Kata kunci : Keterampilan berbicara, Media gambar fauna styrofoam, siswa tunagrahita.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v15i2.27736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal has been indexed by:

  

 

 



Creative Commons License
JKP (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter