ALAT PERAGA RANGKAIAN LISTRIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU SMPLB KELAS IX

Authors

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan alat peraga rangkaian listrik, mengetahui kelayakan, mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D, uji coba produk menggunakan metode single subject dengan desain reversal A-B. Tahapan R & D terdiri atas 3D dari Four D Model (4D) meliputi: (1) Define (definisi); (2) Design (desain) dan (3) Develop (pengembangan). Uji coba produk dilakukan di SLB Marsudi Putra 1 Bantul, SLB N Banjarnegara, dan SMPLB YPAB Baramas Banjarnegara pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek uji coba produk adalah siswa tunarungu kelas IX sebanyak 4 siswa. Uji kelayakan produk diperoleh persentase (87,37%) dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh siswa dan guru masing-masing diperoleh persentase (88,61%) dan (93,75%) dengan kategori sangat praktis. Hasil uji peningkatan hasil belajar diperoleh effect size masing-msaing siswa sebesar (2,60); (2,67) dan (1,86) dengan kategori Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan alat peraga yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran siswa tunarungu.