PENINGKATAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SENSOMOTORIK PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS III SLB YAPENAS

safrina rovasita

Abstract


Kemampuan  membedakan  warna, bentuk, dan tekstur merupakan  bagian dari  kemampuan pra membaca yang harus  dimiliki seseorang untuk membaca. Pada Cerebral Palsy yang seringkali disertai  gangguan sensorik, kesulitan memperoleh  kemampuan ini.  Dengan  demikian,  diperlukan  latihan-latihan  guna  meningkatkan  Kemampuan  pra membaca.

Latihan  tersebut  menyatukan  antara  pembelajaran  akademik dan latihan  sensomotorik.  Melalui  penelitian  tindakan  kelas  pada  siswa  Cerebral  Palsy kelas  III  SLB  Yapenas, dapat meningkatkan kemampuan  pra membaca siswa.  Yaitu dengan dilakukan pembelajaran berbasis  sensomotorik selama  enam siklus,  dengan  satu siklus  enam bulan, maka  siswa  Cerebral  Palsy  kelas  III SLB Yapenas  mambu  membedakan warna, bentuk, dan kasar halus bahkan mampu  mengenal huruf.


Keywords


Cerebral Palsy, Pembelajaran berbasis Sensomotorik, Pra Membaca

Full Text:

PDF

References


A Jean Ayres, and Jeff Robbin. 1979. Sensory Integration and Chill. London:

Western Pschological Services.

A. R. Shamsoddin, and Hollisaz. 2009. “Effect Sensory Integrasi Therapy on Gross Motor Function In Children With Cerebral Palsy’’, dalam Iranian Journal Of Child Neurologi Vol 3, No 1. Hlm. 43-48.

A Salim. 1996. Pendidikan Bagi Anak Cerebral Palsy. Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik: Surakarta.

Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan khusus. Bandung: Rafika

Aditama.

Dante Ringmalia. 2013. Memahami & Strategi Pengajaran Pada Siswa dengan

Gangguan Belajar. Presentasi di konferensi Nasional 2013 Pendidikan untuk Semua, Menara Ganding, Jakarta.

Emi Nurjasmi, Ari Sudarsono. 2013. Pengaruh Pemberian Sensomotorik Terhadap

Tingkat Arousal dan Atensi Anak Normal Usia 6-8 Tahun Di SDN Pasir Putih 01 Kec. Sawangan Depok,’’ dalam Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan I no 1. Hlm. 68-72.

Fajri Basam, Sulfasyah. 2018. ‘‘Metode Pembelajaran Multisensori VAKT Sebagai

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas II,’’ dalam Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1. Hlm. 18-24.

Febrina Larasati. 2015. Pelaksanaan Neuro Senso Motor (NSM) Pada Kasus

Cerebral Palsy Diplegia Di Griya Fisioterapi Bunda Novy. Surakarta: Universitas Muhamadyah Surakarta.

Glenn Doman. 2003. Apa Yang Anda lakukan Pada Anak Anda Yang Cedera

Otak. USA: The Gentle Revolution Press.

Mohammad Asrori. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima

Musjarak Assjari, Eva Siti Sopariah. 2011. Penerapan Latihan Sensomotorik

Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Autisc Spectrum Disoder,’’ dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 17 No 2. Hlm. 225-243.

Tim Helen Keller Internasional. 2014. Panduan Remedial Bahasa Indonesia

Untuk Siswa Dengan Kesulitan Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan PKLK Pendidikan Dasar.

Sri Utami Soraya Dewi. 2015. “Pengaruh Metode Multisensori Dalam

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar”, dalam Modeling Jurnal Program PGMI Vol 3 No 1. Hlm 1-13.

Tias Martika, Subagya. 2014. Pengaruh Latihan Sensomotorik Terhadap

Kemampuan Menulis Anak Tunagrahita YPPCG Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013’’, dalam JRR Tahun 23, No 1. Hlm 29-38




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v15i2.27341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal has been indexed by:

  

 

 



Creative Commons License
JKP (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter