PENGARUH MOBILE APPLICATION MARBEL HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI WONOGIRI

Faradhila Aziz Nurcholis, Nur Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile application Marbel
Huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLB
Negeri Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal (Single
Subjek Research). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang anak tunagrahita ringan kelas
II SLB Negeri Wonogiri. Desain penelitian ini adalah A-B-A’. Pengumpulan data
menggunakan tes kemampuan mengenal huruf. Analisis data yang digunakan yaitu analisis
statistik deskriptif dengan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya pengaruh positif mobile application Marbel Huruf terhadap
kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Wonogiri. Hal
ini ditunjukkan dengan data tumpang tindih (overlap) dalam analisis antar kondisi sebesar
0% serta peningkatan rata-rata nilai keberhasilan pada setiap fase, yaitu pada fase baseline-
1 memperoleh nilai 60, fase intervensi 70 dan fase baseline-2 80. Adanya perubahan
tersebut menunjukkan bahwa mobile application Marbel Huruf berpengaruh positif
terhadap kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri
Wonogiri.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.19135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPK: JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS



Our Journal has been indexed by:

  

 

 



Creative Commons License
JKP (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter