PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG PADA ANAK TUNARUNGU KELAS TKLB DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO

Authors

  • Nonie Intan Pertiwi
  • Suparno Suparno

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.19134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan
menggunakan media wayang pada anak tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model
penelitian dari Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah 5 orang siswa tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Teknik
pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang
digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya
peningkatan pada keberanian berbicara, kejelasan anak dalam mengucapkan kata atau kalimat,
kemampuan pengembangan kosakata, pembentukan kalimat, kelancaran berbicara, serta
keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Proses pelaksanaan dilakukan dengan
guru menunjukkan media wayang disertai penjelasan, dilanjutkan dengan pertanyaan tentang
binatang yang terdapat pada media wayang. Selanjutnya anak diminta untuk berbicara dan
mengungkapkan gagasannya. Peningkatan kemampuan berbicara dibuktikan dari adanya
peningkatan nilai subjek. NA dengan nilai awal 46,67 meningkat menjadi 60,5 (siklus I) dan 85
(siklus II). ND dengan nilai awal 36,67 meningkat menjadi 50 (siklus I) dan 76,66 (siklus II). TS
dengan nilai awal 50 meningkat menjadi 63,17 (siklus I) dan 85 (siklus II). RE dengan nilai awal
46,67 meningkat menjadi 61 (siklus I) dan 85 (siklus II). AD dengan nilai awal 40 meningkat
menjadi 51,67 (siklus I) dan 80 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media wayang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada
anak tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo.

Downloads

Published

2018-03-29

How to Cite

Pertiwi, N. I., & Suparno, S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG PADA ANAK TUNARUNGU KELAS TKLB DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 13(2), 22–40. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.19134