MANAJEMEN EPILEPSI DI SEKOLAH

Authors

Penanganan anak-anak dengan epilepsi lebih sering diperhatikan pada penanganan
dan pengendalian kejang sebagai gejala utama diagnosis ini sedangkan dampak pada
kesulitan sekolah belum banyak mendapatkan perhatian khusus. Dampak pada pendidikan
terdiri dari efek epilepsi pada pembelajaran dan fungsi sekolah, implikasi sekolah, serta
persepsi dan pengetahuan guru. Layanan pendidikan khusus diperlukan oleh anak-anak
dengan epilepsi karena beberapa masalah belajar dan perilaku yang mereka alami.
Meminimalkan dampak epilepsi dalam kehidupan sekolah dapat dilakukan dengan
mengembangkan program intervensi berbasis sekolah untuk anak-anak dengan epilepsi. Tiga
bidang fokus utama dukungan berbasis sekolah terdiri dari manajemen kejang, intervensi
pembelajaran dan perilaku, dan intervensi psikososial. Selain itu, pendekatan tim kolaboratif
juga harus diterapkan sebagai faktor kunci keberhasilan intervensi.