The effect of project-based learning model to improve the ability of HOTS on science in elementary school

Ririn Andriani Kumala Dewi, STKIP NU Indramayu, Indonesia
Eni Qurotul A'eni, STKIP NU Indramayu, Indonesia
Tommy Tanu Wijaya, Beijing Normal University, China

Abstract


This study aims to prove whether the effect of project-based learning model to improve the ability of Higher Order Thinking Skill (HOTS) on science learning in grade IV Elementary School. The method used is truly experimental, the form of the design is a pretest-posttest control group design. The sample used in this study is the students of class IV amounted to 52 students and divided into two classes, the sample used in this study is the students of class IV amounted to 52 students and divided into two classes, i.e., class IV A as an experiment class and class IV B as control class. As a test data collection technique is a multiple-choice question sheet, a description sheet, and a questionnaire sheet. The data analysis technique used is a t-test calculation and normalized gain test. The results of this study using t-tests indicate that there is a Higher Order Thinking Skill (HOTS) influence of students between the control class and the experiment class. The results of the research using normalized gain test showed that there was an increase Higher Order Thinking Skill (HOTS) after applying a project-based learning model in the experiment class. The student’s response to project-based learning model is applied that students provide positive responses. Based on data analysis, it is proven that the application of project-based learning model has a positive effect on the improvement of the higher order thinking skill (HOTS) in the IPA IPA classroom elementary school.

 

Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan HOTS IPA di sekolah dasar

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen murni, bentuk design adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 52 siswa dan terbagi ke dalam dua kelas, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 52 siswa dan terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data tes adalah lembar soal pilihan ganda, lembar soal uraian dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian ini dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh higher order thinking skill (HOTS) siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian dengan menggunakan uji gain ternormalisasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan higher order thinking skill (HOTS) siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek pada kelas eksperimen. Adapun tanggapan siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan yaitu siswa memberikan tanggapan yang positif. Berdasarkan analisis data, terbukti bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan higher order thinking skill (HOTS) pada pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar.


Keywords


project-based learning; ability higher order thinking skill; student responses

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.

Andri. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap tingkat kerjasama siswa dan hasil belajar siswa kelas X TPM pada mata pelajaran menggambar di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1, 28–36.

Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Implementasi pembelajaran berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan literasi STEM siswa SMA. Journal of Science Education and Practice, 3(2), 1–16.

Arisanty, D., Hastuti, K. P., Setiawan, F. A., & Imawwati, R. (2020). Improving Geography learning through project-based learning model. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(05). https://doi.org/https://doi.org/ 10.37200/IJPR/V24I5/PR201723

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Z. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Asmi, A. W., Rahmat, F. &, & Adnan, M. (2022). The effect of project-based learning on students’ Mathematics learning in Indonesia: A systematic literature review. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(4), 311–333. https://doi.org/311-333.https://doi.org/10.5281/zenodo.7106324

Baidowi, A., & Amirudin, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah Geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 48–58.

Crespí, P., García-Ramos, J. M., & Queiruga-Dios, M. (2022). Project-based learning (PBL) and its impact on the development of interpersonal competences in higher education. Journal of New Approaches in Educational Research, 11(2), 259–276. https://doi.org/https://doi.org/10.7821/ naer.2022.7.993

de Oliveira Biazus, M., & Mahtari, S. (2022). The impact of project-based learning (PjBL) model on secondary students‘ creative thinking skills. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1), 38–48. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/ijece.v1i1.752

Fauzia, I. S., Diana, S., & Kusnadi, K. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan portofolio terhadap penguasaan konsep Angiospermae dan sikap siswa SMA terhadap sains. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2).

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2021). Use of multimedia interactive based on PjBL (Project based-learning): Study effectiveness of student creativity in subject natural sciences. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(5). https://doi.org/628-636.http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i5.2693

Hamid, M. S. (2011). Standar mutu penelitian dalam kelas. Diva Press.

Handayani, D., Winarni, E. W., Sundaryono, A., & Firdaus, M. L. (2021). Implementation of project-based learning model with Edmodo application in the capita selecta chemistry course. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(2). https://doi.org/184-195.https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i2.90

Harnas, D., Harnas, D. M., & Riyanov, T. R. (2021). Development of e-learning chemistry learning in SMA/MA project based learning on colloid material with the flipped classroom approach in class XI senior high school. International Journal Of High Information, Computerization, Engineering and Applied Science (JHICE), 1(2). https://doi.org/68-73.https://doi.org/10.24036//jhice/vol1-iss1/22

Iswantari, I. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(4), 490–496.

Keleman, M., Rasul, M. S., & Jalaludin, N. A. (2021). Assessment of higher order thinking skills through STEM integration project-based learning for elementary level. International Journal of Social Science and Human Research, 4(04). https://doi.org/835-846.https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i4-40

Khulel, B. (2022). Improving students‘ writing skill through project-based learning, process writing, and instagram. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(1), 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i1.7601

Kumalasari, D., Milama, B., & Bahriah, E. S. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 1(1), 22–29.

Lapase, M. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di sd negeri Pinedapa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 134–143.

Lawe, Y. U. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar IPA sd. Journal of Education Technlogy, 2(1), 26–34.

Lidi, M. W., & Daud, M. H. (2021). Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasi proyek berbantuan Google classrom terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 183–190.

Mahendra, I. W. E. (2022). Online project-based learning integrated quizizz as a formative assessment to trigger high order thinking skills. International Journal of Elementary Education, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.45336

Muwaffaqoh, D., Kirana, T., &, & Rachmadiarti, F. (2021). The development of e-book based on project based learning on the plant anatomy structure material. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2 (4), 416–431. https://doi.org/416-431.https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i4.127

Nurhayati, Y., Suherman, & S. (2021). Pengaruh interaksi model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PPKn di kelas VII SMPN 11 kota Serang. Jurnal Paris Langkis: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1).

Puspitasari, M., Amilda, & Nawawi, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VI. Bioilmi, 4(1), 25–29.

Putri, G. D., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA. Journal of Education Technology, 3(2), 65–72.

Rahardjanto, A., & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL: Learning outcomes, creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179–192. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12212a

Roziqin, M. K., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project based learning) terhadap minat belajar dan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Fisika di SMAN Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 108–115.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian pendidikan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas. Erhaka Utama.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan. Salemba Humainika.

Sugiarto, S. (2016). Keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kompetensi menyusun genre teks prosedural pada siswa kelas VIII SMP Diponegoro Sumbawa Besar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suteja, S., & Setiawan, D. (2022). Students’ critical thinking and writing skills in project-based learning. International Journal of Educational Qualitative Quantitative Research, 1(1). https://doi.org/16-22.https://doi.org/10.58418/ijeqqr.v1i1.5

Tumuyu, C., Palilingan, V. R., & Waworuntu, J. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar dasar desain grafis siswa SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 307–321.

Utami, N. R., Andayani, Y., & M. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Narmada tahun pelajaran 2013/2014. J. Pijar MIPA, VIII(2), 70–75.

Wahida, F. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X SMA negeri 1 Parigi. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(3), 36–43.

Widyantini, T. (2014). Penerapan model project based learning dalam materi pola bilangan kelas VII. P4K Matematika.

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa SMP pada pembelajaran IPA. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 47–58.

Yahya, N. (2014). Model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media kultur jaringan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa kelas XII IPA 2 SMA negeri 1 Bangsri. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i1.55982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter