Analisis pelatihan online teknis big data menggunakan data logger Moodle

Rony Kasmanto, Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG, Indonesia

Abstract


Abstrak

Hasil pengamatan perilaku yang dilakukan pada peserta pelatihan daring dapat dijadikan bahan evaluasi untuk penyelenggaraan pelatihan pada masa yang akan datang menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku peserta, pengajar dan panita dalam proses pembelajaran dengan keseluruhan daring. Pendekatan penelitian adalah statistik deskriptif dengan menggunakan data logs report pada Learning Management System (LMS) Pusdiklat BMKG. Objek penelitian adalah 50 peserta pelatihan teknis big data yang berasal dari unit pelaksana teknis di BMKG, 13 pengajar dan 2 panitia. Pelatihan diselenggarakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG pada 28 Oktober sampai dengan 9 Desember 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pelaku pelatihan memiliki aktivitas yang signifikan hanya pada momen-momen tertentu. Sistem LMS mencatat beberapa kejadian: 1) terjadi peningkatan aktivitas peserta, ketika mendekati tenggang waktu pengumpulan semua tugas yaitu pada hari senin dan pada saat pelaksanaan post-test; 2) terjadi peningkatan aktivitas pengajar ketika mendapat peringatan dari panitia untuk pemberian grading terhadap semua tugas-tugas yang dikumpulkan peserta; 3) terjadi peningkatan aktivitas panitia pada saat agenda pembelajaran dimulai dan ketika pelaksanakan post-test.

 

Analysis of big data technical online training using Moodle logger data

The results of behavioral observations conducted on online trainees can be used as evaluation material for the implementation of future training to be more optimal. This research aims to find out the behavior of participants, teachers, and organizers in the process of full online learning. The research approach is statistically descriptive by using data logs report on Learning Management System (LMS) Pusdiklat BMKG. The research object was 50 big data technical trainees from the technical implementation unit at BMKG, 13 teachers and 2 committees. The training was held at BMKG Education and Training Center from October 28 to December 9, 2019. The results showed that the behavior of trainees had significant activity only at certain moments. The LMS system records several events: 1) there is an increase in participant activity, when approaching the grace period of all tasks that is on Monday and during post-test implementation; 2) there is an increase in teacher activity when it is alerted by the committee to grading all the tasks collected by participants; 3) there is an increase in committee activity at the time the learning agenda begins and when the implementation of post-test.


Keywords


monitoring pelatihan; e-learning; evaluasi pelatihan

Full Text:

PDF

References


Bakri. (2014). Kemampuan pengajar, media pembelajaran dan kepuasan warga belajar. Jurnal Lentera Bisnis, 1-37.

Balaji, R., Al-Mahri, F., & Malathi, R. (2016). A perspective study on content management in e-learning and m-learning, eprint arXiv:1605.02093. Retrieved from https://arxiv.org/ftp/arxiv/papers/1605/1605.02093.pdf.

Basir, F. (2013). Evaluasi program diklat PIM IV pada balai diklat keagamaan Makassar dengan model Kirkpatrick. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 132-145.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 31-43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Dewi, T. A. (2015). Pengaruh profesionalisme guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-kota Malang, 3(1).

Divayana, D. G. (2017). Evaluasi pemanfaatan e-learning menggunakan model CSE-UCLA. Cakrawala Pendidikan, 280-289.

Dona & Husni, R (2020). Penerapan metode TOPSIS untuk evaluasi kinerja pengajar. Riau Journal of Computer Science, 6-11.

Endarwati, E, D. & Widjajanti, D. B. (2016). Peningkatan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas 4 melalui media visual interaktif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 53-69.

Fatmawati, S. (2019). Efektivitas forum diskusi pada e-learning berbasis Moodle untuk meningkatkan partisipasi belajar. Refleksi Edutika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 210-216. doi: https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3379.

Grant, S. L. (2016). History and context of open digital badges. New York: In L. Y. Muilenburg & Z. L.

Gupta, R. (2010). Using technology in the english language classroom. Language in India: Strength for Today and Bright Hope for Tommorrow, 10(2010), 61-77.

Hakulinen, L., Auvinen, T., & Korhonen, A. (2015). The effect of achievement badges on students’ behavior: An empirical study in a university-level computer science course. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 18-29.

Hanum, N. S. (2013). Kefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK TELKOM Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 90-102. doi: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hasan, I. (2001). Pokok-pokok materi statistik 1 (statistik deskriptif). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan tantangan pembelajaran e-learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran UNY, 1-13.

Hermawati. (2010). Hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa akademi kebidanan Kutai Husada Tenggarong. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

http://bmkg.go.id/profil/stasiun-upt.bmkg, diakses tanggal 13 Desember 2019, pukul 05.29.

https://pusdiklat.bmkg.go.id/, diakses pada tanggal 13 Desember 2019, pukul 06.15.

Ismaniati, Ch, dkk. (2015). Model blended learning untuk meningkatkan kemandirian belajar dan daya tarik dalam perkuliahan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 19-27.

Karwati, E. (2014). Pengaruh pembelajaran elektronik (e-Learning) terhadap mutu belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 41-54.

Lutvaidah, U. (2015). Pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika. Jurnal Formatif, 279-285.

Meitaningrum, D. (2013). Efektifitas pendidikan dan pelatihan dalam peningkatan kinerja pegawai. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 192-199.

Muharam, R. S. (2019). Inovasi pelayanan publik dalam era menghadapai revolusi industri 4.0 di kota Bandung. Jurnal Administrasi Publik, 39-47. doi: http://dx.doi.org/10.23969/decision.v1i01.1401.

Mutia, I., & Leonard. (2013). Kajian penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor Exacta, 278-289. doi: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v6i4.239

Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil.

Permatasari, A. A. (2014). Pengaruh penggunaan multimedia powerpoint terhadap peningkatan kemampuan menulis cerita pendek pada pembelajaran bahasa Indonesia. PEDOGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19-23.

Prasetya, M. A. (2015). E-Learning sebagai sebuah inovasi metoda active learning. Edukasi:Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 319-338.

Presiden Republik Indonesia. (2017). Peraturan Pemerintah (PP) No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Putra, I.W.J.A. (2012). Mempertahankan loyalitas pelanggan bisnis jasa (pendekatan faktor pribadi, kualitas pelayanan dan kinerja kerelasian pelanggan). Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Putranto, A. (2012). Perancangan forum diskusi mobile online learning. ComTech, 3(2), 860-871.

Santi & Huda. (2015). Analisis kualitas pelayanan, kepercayaan dan nilai terhadap kepuasan peserta didik pada lembaga pendidikan dan keterampilan (LPK) di Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 3(2), 186-199

Sari, I. P. (2017). Implementasi pembelajaran berbasis e-learning menggunakan claroline. Research and Development Journal of Education, 75-87.

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148-158. Doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259.

Shadek, T. F. & Swastika, R. (2017). Pengembangan aplikasi sistem e-learning pada seluruh mata kuliah dengan menggunakan program hypertext prepocessor (Php) dalam rangka peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran. Jurnal Pro Tek Info, 1-18.

Suwastika, I. W. (2018). Pengaruh e-learning sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Sistem dan Informatika, 1-5.

Syam. (2015). Pengaruh persepsi tentang kualitas pelayanan sekolah, partisipasi dalam pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Daya Matematis, 290-298.

Tryana, N., Sahid, D. S. S., & Lestari, I. (2017). Transformasi data log e-learning moodle untuk pengukuran user flow experience. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 24-32.

Turrahma, A. (2017). Pemanfaatan e-learning berbasis LCMS Moodle dalam peningkatan efesiensi dan efektifvitas serta kualitas media pembelajaran siswa di MAN Salatiga. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 327-332. doi: http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12672.

Ulrich, D. (1998). Intellectual capital = competence x commitment. Sloan Management Review, 126-144.

Wibowo, A. T., Akhlis, A., & Nugroho, S. E. (2014). Pengembangan LMS (learning management system) berbasis web untuk mengukur pemahaman konsep dan karakter siswa. Scientific Journal of Informatics, 127-137. https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019.

Widhiarta, P. A. (2009). Pemanfaatan e-learning sebagai alternatif pengganti pelatihan tatap muka bagi pendidik dan tenaga kependidikan pendidik nonformal. VISI PTK-PNF, 189-196. Doi: https://doi.org/10.21009/JIV.0402.7

Yuhandri. (2014). Peran filsafat ilmu dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di bidang teknologi informasi dan komputer (TIK). Majalah Ilmiah UPI YPTK, 72-75.

Zainuddin, Z., & Perera, C. J. (2018). Supporting students’ self-directed learning in the flipped classroom through the LMS TES Blend-Space. On the Horizon, 26(4), 281- 290.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.29419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter