Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013

Yusuf Andrian, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Rusman Rusman,

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi yang dilakukan pada 39 SMA Rujukan yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran abad 21 dalam Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fisika di SMA Rujukan Provinsi DKI Jakarta. Fokus penelitian diarahkan pada empat sub variabel yaitu; 1) perencanaan pembelajaran; 2) pelaksanaan pembelajaran; 3) penilaian pembelajaran; dan 4) pengawasan pembelajaran. Responden yang dilibatkan dalam penelitian adalah guru mata pelajaran Fisika. Pada penelitian ini digunakan angket untuk mengumpulkan data dan menggunakan skala Likert dengan skor 1 sampai 4. Selanjutnya, data tersebut diolah dengan menggunakan teknis analisis deskriptif persentase. Perencanaan pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013 termasuk dalam kategori baik dengan rentang nilai antara 23-27. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran juga pada kategori baik dengan rentang nilai antara 46-55. Adapun penilaian pembelajaran dalam kategori baik dengan rentang nilai antara 29-34. Dan pengawasan pembelajaran berada pada kategori baik dengan rentang nilai 23-27. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya bagi Direktorat Pembinaan SMA, mengenai kondisi riil di lapangan berkaitan dengan implementasi Kurikulum 2013 SMA sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan selanjutnya.

 

Implementation of 21st century learning in curriculum 2013

This research is a description research conducted from 39 SMA Rujukan in Province of DKI Jakarta. This study aims to describe the implementation of 21st century learning in Curriculum 2013 in the subject matter of physics at SMA Rujukan in Province of DKI Jakarta. The focus research is directed to four sub variables namely; (1) planning of learning; (2) implementing of learning; (3) assessment of learning; & (4) monitoring of learning. Respondents in this research are teacher of Physics subject. This study used questionnaires to collect data and use Likert scale with a score of 1 to 4. Furthermore, the data is processed by using technical analysis descriptive percentage. 1st century learning planning in the 2013 curriculum is included in the good category with a range of values 23-27. While the implementation of learning is also in the good category with a range of values 46-55. While learning assessment is in a good category with a range of values 29-34. And supervision of learning is placed in a good category with a range of values 23-27. The results of this study are expected to be an input or recommendation for the Ministry of Education and Culture, especially for the Directorate of High School Development, regarding with the real conditions in the school related to the implementation of Curriculum 2013 so it can be taken into consideration for the next policy making.


Keywords


21st century learning; curriculum; physics

Full Text:

PDF

References


Clorawati, A.R., Rohiyat, S., & Amir, H. (2017). Implementasi kurikulum 2013 bagi guru kimia di SMA negeri sekota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Ilmu Kimia. Vol. 1(2). Hlm. 132-135.

Fitriyah, A. & Arief, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas x pada pokok bahasan momentum dan impuls di MAN Mojosari Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 6(3). pp. 153-156.

Istyowati, A., Kusairi, S., & Handayanto, S.K. (2017). Analisis pembelajaran dan kesulitan siswa SMA kelas xi terhadap penguasaan konsep Fisika. Prosiding Seminar Nasional III - Biologi, Pembelajaran, dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner. pp. 237-243, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Kamiludin, K. & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 5(1). Hlm.58-67.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 SD – panduan teknis penilaian sekolah dasar. Jakarta: Dit. PSMP – Kemendikbud.

Lestari, R., Ahdinirwanto, W., & Ashari. (2013). Peningkatan pemecahan masalah melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada SMP Negeri 4 Wadaslintang. Jurnal Radiasi, 4(2): 178-181.

Miller, L. C., & Northern, T. (2011). 21st Century skills: prepare student for the future. Kappa Delta Pi Record. 121-123.

Murti, K. E. (2015). Pendidikan abad 21 dan aplikasinya dalam pembelajaran di SMK. Tersedia secara online di: http://p4tksb-jogja.com/arsip/images/Pendidikan%20Abad%2021 [diakses di Jakarta, Indonesia: 4 Januari 2018].

Nursamsu dan Baihaqi. (2016). Implementasi kurikulum 2013 bagi guru SMA negeri Aceh Tamiang. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 5(3). Hlm. 193-199.

Sudarsana, I.K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, Lembaga Penjaminan Mutu, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Vol. 4(1), pp. 20-31.

Sufairoh. (2016). Pendekatan saintifik & model pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional. Vol. 5(3). Hlm. 116-125.

Sugiyono. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R. & Rusman. (2015). Implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Edutech. Vol. 1(1), pp. 52-67.

Wahyudin, D., Rusman, & Rahmawati, Y. (2017). Penguatan life skills dalam implementasi kurikulum 2013 pada SMA (sekolah menengah atas) di Jawa Barat. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan. Vol. 2(1) Maret, hlm.65-80.

Parasamya, C.E., dan Wahyuni, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 2(1), pp. 42-49.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter