Penanaman Nilai-Nilai Agama dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta

 Ali Mustadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model kurikulum, proses penanaman nilai-nilai agama Islam, dan hasil yang telah dicapai SDIT Luqman Al-Hakim dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam ke dalam sikap dan perilaku siswa.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kelas, siswa, dan orang tua siswa. Untuk pengumpulan data digunakan metode pengamatan, wawancara dan analisis dokumen. Keabsahan data diukur dengan menggunakan teknik trianggulasi dengan sumber, metode, dan teori, serta dengan cara melakukan perpanjangan waktu pengamatan, pengamatan secara terus menerus, kecukupan bahan referensi, pengecekan dengan teman sejawat melalui diskusi, dan mem-ber-cbeck. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Diperoleh kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1) Model kurikulum yang dilaksanakan oleh SDIT Luqman Al-Hakim mengacu kepada kurikulum Depdiknas dan kurikulum Depag ditambah kurikulum muatan lembaga. 2) Proses penanaman nilai-nilai agama Islam ke dalam sikap dan perilaku siswa menggunakan pendekatan: ajakan dan pembiasaan, proses penyadaran emosi, serta pendisiplinan dan penegakan aturan. Metode yang digunakan antara lain metode: keteladanan, ibrah melalui kisah, ceramah dan nasehat, tanya jawab, perumpamaan dan sindiran, penugasan, demonstrasi, pembiasaan, pengalaman langsung, out bond, dan bernyanyi. Suasana interaksi pem-belajaran dibangun dengan suasana demokratis dan atas dasar kasih sayang. 3) Model kurikulum dan proses penanaman nilai-nilai agama yang dilakukan SDIT terbukti mampu membentuk sikap dan perilaku siswa yang taat kepada Allah, berakhlakul karimah kepada sesama manusia dan alam, serta berkepribadian yang cukup baik, cerdas, pemberani dan kritis.

Kata kunci: nilai-nilai agama Islam, sikap dan perilaku, SDIT.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v8i1.2008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:


ISSN 2338-6061 (online)

Web
Analytics
View Journal Visitor Stats