Hubungan Program Praktik Kerja Lapangan dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan TKJ di SMK Miftahul Qulub Polagan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.89962Abstract
Adanya SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dalam dunia Pendidikan sangatlah penting, maka dari itu perlu untuk ditingkatkan sebagai upaya dalam menyiapkan tenaga kerja yang terampil. Setiap lulusan di lembaga pendidikan baik formal atau non formal akan terjun dalam masyarakat atau dunia kerja dan akan menghadapi dunia nyata dengan segala tuntutannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan dan seberapa kuat hubungan antara program praktik kerja lapangan dengan kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan TKJ di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan dengan jumlah 52 siswa. Sampel yang diambil dengan jumlah 46 siswa menggunakan rumus Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan penulis terdiri dari: (1) uji instrumen yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. (2) uji hipotesis asosiatif dengan korelasi Rank Spearman menggunakan bantuan Software IBM SPSS Statistic 25. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwasanya program praktik kerja lapangan memiliki hubungan yang signifikan kategori sangat kuat dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan TKJ di SMK Miftahul Qulub. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai korelasi dengan nilai koefisien sebesar 0,820. Harapan dari hasil penelitian ini dapat memberikan evaluasi bagi pihak sekolah SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan atau lembaga pendidikan kejuruan lainnya, serta menambah wawasan lebih mendalam bagi peneliti maupun pembaca mengenai kesiapan kerja siswa SMK kedepannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.






