Pengaruh Kepemimpinan Situasional, Budaya Organisasi, dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 5 Surabaya

Authors

  • Sultonun Huda Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Sholeh Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.88618

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan situsional, budaya organisasi, dan efikasi diri terhadap kinerja guru di SMK Negeri 5 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis yang digunakan adalah regreasi linear berganda. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden 103 orang guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert yang diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan situasional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, variabel budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, variabel efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, serta kepemimpinan situasional, budaya organisasi, dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru SMK Negeri 5 Surabaya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kepemimpinan situasional kepala sekolah, budaya organisasi sekolah, dan efikasi diri guru untuk mendukung peningkatan kinerja guru yang berdampak baik terhadap mutu pendidikan dan pembelajaran.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Huda, S., Sholeh, M., Karwanto, & Khamidi, A. (2025). Pengaruh Kepemimpinan Situasional, Budaya Organisasi, dan Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.88618