Pengaruh Mental Model, Team Learning, dan System Thinking Terhadap Adaptasi Perubahan Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Halmahera Utara

Bahasa Indonesia

Authors

  • Frits Dimara Universitas Negeri Yogyakarta
  • Cepi Safruddin Abdul Jabbar Universitas Negeri Yogyakarta
  • Agung Purwa Widiyan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.87198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mental model, team learning, dan system thinking terhadap kemampuan adaptasi perubahan guru sekolah dasar di Kabupaten Halmahera Utara. Penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan desain sekuensial eksplanatoris, melibatkan 337 guru sebagai responden melalui teknik snowball sampling. Data kuantitatif dianalisis menggunakan regresi linear berganda, sedangkan data kualitatif dianalisis secara tematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap adaptasi perubahan (R² = 0,548), dengan team learning sebagai prediktor dominan. Analisis kualitatif memperkuat temuan kuantitatif, mengidentifikasi tema seperti refleksi diri, kolaborasi tim, dan pemikiran sistemik sebagai kunci adaptasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan budaya kolaboratif, pelatihan berbasis refleksi, dan pengembangan keterampilan berpikir sistemik untuk meningkatkan kapasitas adaptif guru dalam menghadapi dinamika pendidikan.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Dimara, F., Jabbar, C. S. A., & Widiyan, A. P. (2025). Pengaruh Mental Model, Team Learning, dan System Thinking Terhadap Adaptasi Perubahan Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Halmahera Utara: Bahasa Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 7(2), 22–30. https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.87198