Pengaruh Mental Model, Team Learning, dan System Thinking Terhadap Adaptasi Perubahan Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Halmahera Utara
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.87198Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mental model, team learning, dan system thinking terhadap kemampuan adaptasi perubahan guru sekolah dasar di Kabupaten Halmahera Utara. Penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan desain sekuensial eksplanatoris, melibatkan 337 guru sebagai responden melalui teknik snowball sampling. Data kuantitatif dianalisis menggunakan regresi linear berganda, sedangkan data kualitatif dianalisis secara tematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap adaptasi perubahan (R² = 0,548), dengan team learning sebagai prediktor dominan. Analisis kualitatif memperkuat temuan kuantitatif, mengidentifikasi tema seperti refleksi diri, kolaborasi tim, dan pemikiran sistemik sebagai kunci adaptasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan budaya kolaboratif, pelatihan berbasis refleksi, dan pengembangan keterampilan berpikir sistemik untuk meningkatkan kapasitas adaptif guru dalam menghadapi dinamika pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.






