Transformasi Pola Kepemimpinan Kiai di Pesantren Salaf: Studi Kasus di Pesantren Salafiyyah Al-Muhsin Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.86675Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji transformasi pola kepemimpinan kiai di lingkungan pesantren salaf, dengan fokus pada studi kasus di Pesantren Salafiyyah Al-Muhsin Yogyakarta. Berbeda dengan tipikal pesantren salaf yang cenderung otoriter dan terpusat, pesantren ini menerapkan model kepemimpinan yang lebih demokratis dan partisipatif di bawah pimpinan Kiai Nasrul Hadi. Kiai memberikan ruang musyawarah bagi santri dan pengurus dalam pengambilan keputusan strategis, seperti penentuan kitab kuning dan perencanaan kegiatan pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan partisipatif ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan dan kemandirian santri, tetapi juga mendorong munculnya budaya dialog, penguatan kepemimpinan santri, serta keterbukaan pesantren terhadap teknologi digital. Transformasi ini membuktikan bahwa pesantren salaf dapat mengadopsi pendekatan modern tanpa kehilangan identitas keagamaannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.






