Pengaruh Motivasi, Kompetensi Pedagogik, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Kepulauan Anambas
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v7i1.83505Abstract
Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan, terutama di daerah terpencil seperti Kabupaten Kepulauan Anambas, di mana tantangan infrastruktur dan sumber daya manusia sangat memengaruhi kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kompetensi pedagogik, dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri Kabupaten Kepulauan Anambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian melibatkan seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Kepulauan Anambas, dengan sampel sebanyak 102 guru yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda serta uji F untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, kompetensi pedagogik, dan budaya sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan motivasi kerja, kompetensi pedagogik, serta budaya sekolah yang kondusif dapat meningkatkan kinerja guru, yang pada gilirannya berdampak pada kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.