Pengaruh Motivasi, Kompetensi Pedagogik, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Kepulauan Anambas

Authors

  • Renny Samosir
  • Nunuk Hariyati
  • Yatim Riyanto
  • Amrozi Khamidi
  • Syunu Trihantoyo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v7i1.83505

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pendidikan, terutama di daerah terpencil seperti Kabupaten Kepulauan Anambas, di mana tantangan infrastruktur dan sumber daya manusia sangat memengaruhi kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kompetensi pedagogik, dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri Kabupaten Kepulauan Anambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian melibatkan seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Kepulauan Anambas, dengan sampel sebanyak 102 guru yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda serta uji F untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, kompetensi pedagogik, dan budaya sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan motivasi kerja, kompetensi pedagogik, serta budaya sekolah yang kondusif dapat meningkatkan kinerja guru, yang pada gilirannya berdampak pada kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Samosir, R., Hariyati, N., Riyanto, Y., Khamidi, A., & Trihantoyo, S. (2025). Pengaruh Motivasi, Kompetensi Pedagogik, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Kepulauan Anambas. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.21831/jump.v7i1.83505

Issue

Section

Articles