Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kebijakan Inklusi di Lingkungan SDIT Salsabila 3 Banguntapan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.81872Abstract
Pendidikan inklusif bertujuan untuk memastikan akses pendidikan yang setara bagi seluruh siswa, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus, tanpa adanya diskriminasi. Pendekatan ini menyediakan kebutuhan individu siswa dalam lingkungan belajar reguler. Penelitian ini fokus pada peran kepala sekolah dalam menerapkan kebijakan inklusi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Kepala sekolah memegang peran kunci dalam merancang visi inklusi, membimbing guru, menyediakan fasilitas yang memadai, serta membangun kolaborasi dengan komunitas sekolah. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan kebijakan inklusi di SDIT Salsabila 3 dilandasi oleh visi Islami yang menjunjung nilai keadilan dan kesetaraan. Kepala sekolah memainkan peran sentral dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif, mendukung pengembangan siswa, dan mengurangi stigma sosial.References
R. Munajah, A. Marini, and M. S. Sumantri, "Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1183–1190, Apr. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.886.
S. R. Kirschner, "TITLE: Inclusive Education."
D. W. C. Mulyani and Abidinsyah, "Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar Baru 1 Marabahan," vol. 7, no. 4, pp. 197–216, 2021.
U. N. I. Ni'mah, A. Elhady, and T. A. Mustofa, "Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Siswa Inklusi di Sekolah Menengah Pertama Kelas Delapan," Aulad : Journal on Early Childhood, 2024.
"TITLE: Inclusive Education."
P. Rahayu and A. Sunandar, "Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Variasi Pembelajaran Kooperatif," 2014. [Online]. Available: http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-
M. Sidik, "Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Lingkungan Belajar yang Inovatif," 2024.
S. Hafni Sahir, Metodologi Penelitian. 2021. [Online]. Available: www.penerbitbukumurah.com
N. Naamy, "Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar & Aplikasinya," 2019.
A. Hardani MSi, J. Ustiawaty, and D. Juliana Sukmana, "Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif," 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/340021548
H. Baharun and R. Awwaliyah, "Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Perspektif Epistemologi Islam," MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, vol. 5, no. 1, 2018.
D. Arianto, "Pandangan Islam terhadap Pendidikan Inklusif," 2022. [Online]. Available: https://lentera.publikasiku.id/index.php/ln/
S. Trihariyanto, E. Supriyanto, Muthoifin, and Z. Uyun, "Strategi Pembelajaran Inovatif Pendidikan Agama Islam dengan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas dan SD Muhammadiyah PK Bayat," Profetika: Jurnal Studi Islam, vol. 21, no. 1, pp. 109–120, Jul. 2020, doi: 10.23917/profetika.v21i1.11653.
R. Pasaribu, U. Radiana, L. Wicaksana, C. Dominico, and P. Salarasati, "Peran Kepala Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di SMP Negeri 4 Jelai Hulu," Manajemen Pendidikan, vol. 18, no. 2, pp. 165–176, Dec. 2023, doi: 10.23917/jmp.v18i2.23289.
S. Bahri, "Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar," Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 94–100, Nov. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1754.
L. L. Y. Lalak Muslimin and M. Muqowim, "Peran Kepala Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar," Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 3, p. 708, Sep. 2021, doi: 10.33394/jk.v7i3.3468.
Amka, "Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Kalimantan Selatan," Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 4, no. 1, pp. 86–101, Jun. 2019, doi: 10.24832/jpnk.v4i1.1234.
Samsilayurni, "Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dan Manajer Sekolah," Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2022.
A. Dzaky, "Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator pada MA Muhammadiyah 1 Banjarmasin," 2016.
R. Saputro Sekolah Vokasi, "Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan OCB terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi," vol. 9, no. 2, pp. 1103–1120, 2021.
H. Suprijati, A. Hariyadi, and S. Utaminingsih, "Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatnya Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila," vol. 3, no. 2, pp. 119–124, 2024, doi: 10.51773/sssh.v3i2.292.
A. Andriyan, W. Hendriani, and P. P. Paramita, "Pendidikan inklusi: Tantangan dan strategi implementasinya," Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, vol. 5, no. 2, p. 94, Nov. 2023, doi: 10.26555/jptp.v5i2.25076.
B. Dyah Lestari, S. Rosna Samta, H. Nisak, and S. Setiyo Rahayu, "Kurikulum Pendidikan Inklusi di Masa Pandemi ditinjau dari Evaluasi Program Pembelajaran," Feb. 2022. [Online]. Available: http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc
Y. Hananto and D. Lituhayu, "Evaluasi Dampak Kebijakan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif jenjang SMP di Kota Pekalongan," 2018. [Online]. Available: www.bpdiksus.org
I. Suryadi, "Dampak Pendidikan Inklusif Terhadap Partisipasi dan Prestasi Siswa dengan Kebutuhan Khusus," 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.






