Membangun Generasi Berkarakter melalui Budaya Organisasi: Studi Kasus SMA Negeri 9 Yogyakarta

Authors

  • Alifia Kania Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Savira Devi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Isnaini Hasan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Aisyah Ramadhani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Nurul Arfinanti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.80416

Keywords:

manajemen, visi misi, budaya organisasi, karakter

Abstract

Manajemen budaya organisasi penting untuk menciptakan lingkungan sekolah yang baik khususnya pada pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen budaya organisasi di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan bagaimana manajemen budaya organisasi di sekolah tersebut dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung ke sekolah, wawancara semi-terstruktur dengan wakil kepala sekolah, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya organisasi di SMA Negeri 9 Yogyakarta didasarkan pada nilai-nilai visi dan misi sekolah. Manajemen budaya organisasi di SMA Negeri 9 Yogyakarta mengintegrasikan visi, misi, dan nilai-nilai organisasi ke dalam setiap aspek kegiatan sekolah. Dalam hal ini, kepala sekolah memegang peran penting dalam menetapkan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan manajemen budaya organisasi tersebut. Selain itu, budaya organisasi mempengaruhi sikap warga sekolah secara positif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan pengembangan serta terhadap prestasi sekolah. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan internal berupa konflik dengan visi-misi sekolah serta tantangan eksternal dari kegiatan luar sekolah yang kurang mendukung pencapaian visi-misi. Dengan demikian, budaya organisasi di SMA Negeri 9 Yogyakarta berkontribusi signifikan terhadap pembentukan sikap warga sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan.

References

Kemendikbud, "Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional," 2003

S. Cahyati, "GURU BERKARAKTER UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH," Academy of Education Journal, vol. 11, no. 01, pp. 63–74, Jan. 2020, doi: 10.47200/aoej.v11i01.319.

E. Indarwati, "Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah," Media Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 2, p. 163, Oct. 2020, doi: 10.30738/mmp.v3i2.4438.

A. A. B. Utomo, "PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH ISLAM AL-HAMÈŠD JAKARTA TIMUR," BUANA ILMU, vol. 4, no. 2, pp. 13–28, May 2020, doi: 10.36805/bi.v4i2.1046.

R. F. Lutfiana, A. A. Mey R, and T. Handayani, "ANALISIS IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK," Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 12, no. 2, pp. 174–183, Oct. 2021, doi: 10.21831/jpka.v12i2.35499.

I. P. Dewi and K. Kamil, "Pengelolaan Budaya Madrasah dalam Membentuk Siswa yang Berkarakter di MAS Amaliyah Sunggal," Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, vol. 11, no. 1, pp. 310–327, Jan. 2023, doi: 10.47668/pkwu.v11i1.709.

Irwan, N. Gistituati, and R. Rusdinal, "Perilaku dan Pengembangan Organisasi Pendidikan (Cross Cultural and Global Approaches to Change Management)," Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 4, no. 3, pp. 582–587, Dec. 2021, doi: 10.30605/jsgp.4.3.2021.1276.

U. Asfari, H. Mardhiana, and S. Deri, "Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Informasi Berdampak pada Individu Organisasi," MIND Journal, vol. 1, no. 2, pp. 01–12, Jun. 2019, doi: 10.26760/mindjournal.v4i1.01-12.

Rony, "Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik," Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, vol. 2, no. 1, pp. 98–121, Jun. 2021, doi: 10.31538/tijie.v2i1.26.

E. H. Schein and P. Schein, Organizational Culture and Leadership, 5th ed. Wiley, 2016.

S. R. Supandi, "PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, EMPATI DAN MOTIVASI TERHADAP BUDAYA ORGANISASI KEPALA SEKOLAH," EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, vol. 10, no. 1, pp. 119–131, Dec. 2022, doi: 10.47668/edusaintek.v10i1.679.

Jonata, L. S. Sari, and V. V. Siregar, "Implementasi Trilogi Kepemimpinan dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Taman Muda Jetis Yogyakarta," Cendekiawan, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, Jun. 2022, doi: 10.35438/cendekiawan.v4i1.217.

S. Sutarsih, "PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI DI SMP NEGERI PULAU LEBAR MUSI RAWAS UTARA," Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), vol. 11, no. 1, Feb. 2023, doi: 10.26877/jmp.v11i1.5736.

M. Ismiyanto, E. Prasetyo, H. J. P, B. Soemardjoko, and S. Narimo, "Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Muhammadiyah yang Progresif Bima Sakti di Era 4.0," Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 9, no. 3, pp. 1229–1237, May 2024, doi: 10.51169/ideguru.v9i3.983.

N. A. W. Arimbi and M. Minsih, "Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 6409–6416, Oct. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3042.

Kafa Sakinah, "Manajemen Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Organisasi Bagi Siswa di SDIT Khoiru Ummah," Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, vol. 6, no. 11, Nov. 2024, doi: 10.47467/reslaj.v6i11.3269.

Sapariah, "Efektivitas Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ciamis)," Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 87–96, 2017.

S. J. Taylor, R. Bogdan, and M. L. Devault, Introduction to Qualitative Research Methods: A Guidebook and Resource, 4th ed. John Wiley & Sons Inc., 2015.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 2019.

Yusrianti, J. Tang, I. Manda, S. Tang, and S. Subehan, "Implementasi Nilai Dalam Penguatan Karakter Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal," Visi Sosial Humaniora, vol. 4, no. 1, pp. 18–28, Jun. 2023, doi: 10.51622/vsh.v4i1.1820.

A. S. Fibrianto and A. D. Yuniar, "Peran Budaya Organisasi dalam Pembentukan Karakter, Etika dan Moral Siswa SMA Negeri di Kota Malang," Jurnal Analisa Sosiologi, vol. 9, no. 1, May 2020, doi: 10.20961/jas.v9i1.41372.

Q. C. Tyas and M. Abidin, "Manajemen Budaya Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD Islam Cahaya Permata Malang," Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, vol. 7, no. 1, pp. 97–109, 2020.

Z. A. Mohammady, "Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Budaya Organisasi," Muslim Heritage, vol. 2, no. 2, pp. 407–430, 2017.

H. Siregar, "Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penegakan Disiplin Di Sekolah," Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], vol. 3, no. 3, Jun. 2022, doi: 10.30596/jmp-dmt.v3i3.10994.

C. P. Enjelita, N. Wulandani, and Evalina, "Pengaruh Lingkungan dan Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar (Literature Review) ," in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FIP UMJ, 2024, pp. 2565–2575.

P. Yusdinar and Y. M. Manik, "Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa," Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 3, no. 01, pp. 183–190, Jun. 2023, doi: 10.47709/educendikia.v3i01.2407.

R. Shiddiq, "Peran Guru dan Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa," QATHRUNí‚, vol. 7, no. 2, p. 105, Oct. 2020, doi: 10.32678/qathruna.v7i2.3536.

L. Ernawati, N. I. Kurniasari, and D. S. Ayu Ningrum, "PENGARUH SCHOOL WELLBEING TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT," QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 24–29, Jan. 2022, doi: 10.22460/q.v6i1p8-16.2929.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Kania, A., Devi, S., Hasan, I., Ramadhani, A., & Arfinanti, N. (2025). Membangun Generasi Berkarakter melalui Budaya Organisasi: Studi Kasus SMA Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 7(2), 40–47. https://doi.org/10.21831/jump.v7i2.80416