Analisis Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Zakia Alvin Fananie Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Samawi Universitas Negeri Malang
  • Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jump.v7i1.75878

Abstract

Siswa yang akan lulus dari SMA nantinya dihadapkan pada berbagai pilihan-pilihan yang sulit terutama saat memilih jurusan. Setiap tahun siswa-siswa SMA yang merencanakan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi harus memutuskan pilihan ke bidang atau jurusan tertentu untuk mencapai tuntutan masa depannya. Siswa SMA tentu memiliki pertimbangan-pertimbangan serta alasan yang berbeda dalam memilih dan memutuskan untuk masuk jurusan PGPAUD sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengetahuan siswa SMA sederajat tentang Program Studi PGPAUD, mengetahui minat siswa SMA melanjutkan studi ke PGPAUD, dan mengetahui alasan siswa SMA memilih atau tidak memilih Program Studi PGPAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Dilaksanakan di SMAN 1 Talun. Prosedur dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknil proportional random sampling sebanyak 168 siswa dari 289 siswa kelas 12 SMAN 1 Talun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa SMA sederajat terkait program studi PGPAUD masih tergolong sedang hingga rendah. Tingkat minat siswa SMA sederajat untuk melanjutkan studi ke PGPAUD masih tergolong sedang hingga rendah. Dan tingkat ketertarikan serta alasan siswa yang memilih program studi PGPAUD UM tergolong masih rendah. Alasan siswa SMA sederajat yang akan memilih Program Studi PGPAUD UM sebagian besar karena adanya keinginan untuk mendapatkan wawasan tentang pendidikan anak usia dini. Alasan siswa SMA yang tidak akan memilih Program Studi PGPAUD UM sebagian besar karena keinginan untuk memilih studi pada bidang alternatif dan kurangnya minat dalam mengajar anak usia dini.

References

Ahmad, Husniyah. 2022. "Teori Pilihan Rasional James S Coleman - Kompasiana.com." Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/husniyahahmad/634f92b54addee630e61cdf2/teori-pilihan-rasional-james-s-coleman (Februari 4, 2024).

Almaqassary, Ardi. 2022. "KONSELOR | Pengertian Minat menurut Para Ahli." konselor.id. https://konselor.id/main/tips/pengertian-minat-menurut-para-ahli.html (Februari 4, 2024).

Aliyyah, Rusi Rusmiati, Didi Mulyadi, Widyasari, dan Abdul Kholik. 2019. Manajemen Lembaga Pendidikan.

Ardi, Bayu. 2022. "Program Studi Adalah: Pengertian dan Contohnya." detik.com. https://www.detik.com/bali/berita/d-6465041/program-studi-adalah-pengertian-dan-contohnya (Februari 4, 2024).

Basri, Hasan. 2019. "Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional." Jurnal Ya Bunayya 1(1): 29–45. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/yaabunayya/article/download/1300/803.

Budiyatmo, Basuki, dan Ade Iriani. 2022. "Membangun Citra Sekolah Berdasarkan Marketing Mix untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik." Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 9(2): 238–52.

Dewi, Tiara, Muhammad Amir Masruhim, dan Riski Sulistiarini. 2018. "Metodologi Penelitian." Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (April): 5–24.

Fadhilah, Annisa Nurul. 2021. "Peran Guru Pada Proses Pembelajaran Luring Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Islam Perkemas Bandar Lampung." UIN Raden Intan Lampung.

Fitria, Norma, dan Opan Arifudin. 2020. "Analisis Faktor-faktor terhadap penganbilan." Jurnal Al-Amar 1(2): 120–27.

Haristi, Rizka, Ocih Setiasih, dan Aan Listiana. 2015. "Minat Siswa Sma Di Kecamatan Sukasari Kota Bandung Terhadap Program Studi S1 Pgpaud Fip Upi." Edusentris 2(3): 264.

Heriyansyah, Heriyansyah. 2018. "Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah." Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(01): 116–27.

Husain, Rusmin, dan Anton Kaharu. 2020. "Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 85.

Latifah, Ismi, Nurhadi, dan Siany Indria Liestyasari. 2019. "Rasionalitas Orang Tua Dalam Pengambilan Keputusan Jurusan Kuliah Anak Melalui Analisis Teori Pilihan Rasional James S. Coleman (Universitas Sebelas Maret)." Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP Universitas Sebelas Maret 53(9): 1689–99.

Maningtyas, Rosyidamayani T. 2015. "Program Pencarian Bakat Anak Oleh Televisi (Studi Kasus pada Finalis Ajang Pencarian Bakat Little Miss Indonesia 2015)." Pancaran 5(4): 247–48.

Novitasari, Zulmi Dwi. 2015. "Korelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Matematika Materi Limit Fungsi Siswa Kelas Xi Di Ma Negeri Kandatkorelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Ma." 16(2): 39–55. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2021.

Nuryanto, Sidik, Yetty Isna Wahyu Septiana, dan Wini Agustina. 2020. "Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi PG Paud (Studi Kasus Pada Mahasiswa PG Paud Unisri)." Jurnal Buah Hati 7(2): 182–96.

Palupi, Dyah Ayu Puri, dan Mardanung Patmo Cahjono. 2022. "Pengaruh Media Pembelajaran dan Lingkungan Akademis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa." Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 9(2): 212–22.

Pambudi, Panji Sekar, dan Moh. Sabiq Irwan Hariandi. 2021. "Strategi Jitu Menggalang Angka Kecukupan Mahasiswa Baru Di Tengah Persaingan Sengit Antar Perguruan Tinggi." Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 8(1): 67–76.

Pasolong, Dr. Harbani. 2023. Penerbit Alfabeta, Bandung (x Teori Pengmbilan Keputusan. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. Cetakan I,. ed. M.Si Dr. Ir. Try Koryati, M.SiDr. Ir. Try Koryati. PENERBIT KBM INDONESIA.

Samawi, Ahmad, Retno Tri Wulandari, dan Eny Nur Aisyah. 2016. "Studi Relevansi Alumni PGPAUD Universitas Negeri Malang dengan Dunia Kerja." Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 1(2): 1–8.

Zahara, Rita (Universitas Langlangbuana Bandung). 2021. "PENGARUH PERSEPSI SISWA SMA/SMK TENTANG PERAN GURU DAN PROFESI GURU TERHADAP MINAT SISWA MENJADI GURU." Journal of Chemical Information and Modeling 53(February): 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/.

Zulhafizh, Zulhafizh, Hermandra Hermandra, dan Asnawi Asnawi. 2022. "Mengeksplorasi Informasi sebagai Strategi Meningkatkan Kualitas Pengetahuan dan Pemahaman di Kalangan Mahasiswa." Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 5(1): 1–13.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Fananie, Z. A., Samawi, A., & Maningtyas, R. D. T. (2025). Analisis Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.21831/jump.v7i1.75878

Issue

Section

Articles