Manajemen Program Bahasa Arab Kelas Muhadatsah Di Lembaga Kursus Ocean Pare
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v7i1.75837Keywords:
Lembaga Kursus, Manajemen, Program Bahasa ArabAbstract
Menghadapi permintaan yang meningkat untuk pembelajaran bahasa Arab, lembaga kursus seperti lembaga kursus bahasa Arab OCEAN Pare dihadapkan pada tanggung jawab untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas. Manajemen program yang efektif menjadi kunci dalam memastikan kualitas pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik manajemen pengorganisasian dalam program bahasa Arab kelas muhadatsah di lembaga kursus bahasa Arab Ocean Pare. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, pengajar, manajer lembaga, serta dokumen-dokumen terkait. Analisis data dilakukan untuk memahami bagaimana program tersebut diorganisasikan dan dikelola. Hasil penelitian ini adalah Lembaga kursus bahasa Arab OCEAN Pare menerapkan sistem manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam perencanaan, lembaga menetapkan visi mencetak generasi cerdas melalui pendidikan bahasa Arab dengan misi meningkatkan efektivitas pengajaran dan mencintai ilmu. Pengorganisasian dilakukan dengan struktur organisasi yang jelas, kualifikasi guru yang ditentukan oleh mudir, serta rekrutmen peserta didik setiap bulan. Pelaksanaan program terdiri dari kegiatan pembelajaran di kelas dan asrama dengan berbagai tingkat kemahiran bahasa Arab dan praktik sehari-hari. Pengawasan dilakukan melalui evaluasi harian, mingguan, dan akhir program, serta kontrol di asrama oleh musyrif.
References
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Ahmad, R., & Pratama, A. (2021). Faktor Manajemen Profesional:Perencanaan, Pengorganisasian, Dan Pengendalian (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 699–709. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.594
Angelya, A. A., Nurmalasari, Enggin Rios Saputra, Naziha Amani, Sukatin, & Mashudi Hariyanto. (2022). Pengorganisasian Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 97–105. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.856
Aryani, A. R., Indarto, I., & Budiati, Y. (2023). The effect of business strategy, innovation, and customer focus on organizational performance through competitive advantage. Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(Juli-Desember), 1067–1075.
Azizah, S., & Sabtaji, H. (2022). Pengaruh Staffing Sebagai Salah Satu Fungsi Manajemen di Mitra Jaya Company Terhadap Kinerja Karyawan. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i1.39
Ditmer, M. A., Stoner, D. C., Francis, C. D., Barber, J. R., Forester, J. D., Choate, D. M., Ironside, K. E., Longshore, K. M., Hersey, K. R., Larsen, R. T., McMillan, B. R., Olson, D. D., Andreasen, A. M., Beckmann, J. P., Holton, P. B., Messmer, T. A., & Carter, N. H. (2021). Artificial nightlight alters the predator–prey dynamics of an apex carnivore. Ecography, 44(2), 149–161. https://doi.org/10.1111/ecog.05251
Hanafi, M. (2019). Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Managemen, 1(1), 66. http://repository.ut.ac.id/4533/1/EKMA4116-M1.pdf
Komarudin, K., Siregar, D. R. S., Zahruddin, Z., & Maftuhah, M. (2022). Manajemen Strategi dalam Lembaga Pendidikan. Yasin, 2(5), 680–694. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.560
Mohammad Zaini. (2021). Manajemen Kepemimpinan Profetik Upaya Meningkatkan Kinerja dan Tanggung Jawab Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 74–85. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.45
Nada, F. Q., Faradisa, A. S., & Kholid, N. (2022). Manajemen Pengorganisasian Program Bahasa Arab 1 Bulan di Lembaga Kursus Kampung Inggris. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 206–217. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3066
Nasihi, A., & Hapsari, T. A. R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), 77–88. https://journals.eduped.org/index.php/intel/article/view/112
Siagian, T. S., & Khair, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2241
Urooj, N., & Hussain, W. (2021). Effect of Leadership Behavior on the Motivation Factors among Secondary School Teachers. Ilkogretim Online, 20(3), 2090–2095. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.03.243
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.






