Evaluasi Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Data Siswa Dan Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas Sukma Bangsa Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v6i2.74409Keywords:
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Efektivitas, Pengelolaan Data Siswa, Proses Pembelajaran, Evaluasi Terencana.Abstract
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM Pendidikan) berperan dalam peningkatan manajemen data siswa dan proses belajar-mengajar di SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe. Dalam penelitian ini, metode kualitatif diterapkan dan data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara dengan narasumber yang relevan. Dari hasil penelitian, terungkap bahwa Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM Pendidikan), yang mencakup SISTO dan SIMAKA, telah berhasil melakukan integrasi data siswa dan manajemen kurikulum dengan efektif. Meskipun efisien dalam pengelolaan informasi, tantangan seperti keterbatasan jaringan masih dihadapi. Namun, upaya evaluasi terencana oleh tim pusdatin dan rencana peningkatan sistem telah diidentifikasi untuk mengatasi kendala tersebut. Dengan demikian, SIM Pendidikan terbukti memberikan kontribusi yang berharga dalam meningkatkan efektivitas manajemen data siswa dan proses pembelajaran di SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe. Hasil penelitian juga menyoroti keberhasilan SIM Pendidikan dalam meningkatkan keterlibatan orang tua melalui akses online untuk memantau perkembangan nilai anak-anak mereka. Meskipun demikian, beberapa kendala teknis seperti pemadaman listrik atau masalah server masih menjadi tantangan, meskipun pusdatin secara aktif mengatasinya. Evaluasi terencana oleh tim pusdatin diharapkan dapat meningkatkan SIM Pendidikan dengan menambah fitur baru dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi. Meskipun proses ini mungkin memakan waktu, sistem ini telah terbukti memberikan kontribusi yang berharga bagi guru dan staf sekolah dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka secara lebih efisien. Hasil penelitian ini menggambarkan pentingnya SIM Pendidikan dalam konteks pendidikan.
References
adhetya, A. (2011). Ketatausahaan Dalam Peningkatan Jakarta Oleh : Skripsi Yang Ditulis Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam.
Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Mea, 3(1), 161–169. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.Vol3.Iss1.Pp161-169
Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 920–935.
Nasution, A. H., & Prasetyawan, Y. (2008). Perencanaan & Pengendalian Produksi / Arman Hakim Nasution, Yudha Prasetyawan (Xi). Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008.
Robert A. Schultheis, Mary Sumner, Douglas Brian Bock, Dan M. S. (1995). Management Information Systems. Irwin. Https://Openlibrary.Org/Books/Ol1080058m/Management_Information_Systems#Bookpreview
Rochaety, E. ; P. R. ; P. G. Y. (2006). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Cet.2). Jakarta : Bumi Aksara, 2006.
Triwiyono, D. A., & Meirawan, D. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.6433
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.